Siapa Sahabat Rasulullah yang Paling Kaya?


Sahabat rasulullah yang paling kaya di antara para sahabat yang lain adalah Abdurrahman bin Auf. Kekayaan yang dimiliki oleh beliau ini tidak pernah membuat beliau merasa sombong atau lupa dengan Allah namun justru menjadikan beliau sebagai sosok yang begitu dermawan.

Abdurrahman bin Auf

Sahabat Abdurrahman bin Auf adalah termasuk ke dalam golongan Ashabiquna Awwalun yaitu sahabat yang pertama kali memeluk Islam. Dan di Mekkah, beliau juga merasakan bagaimana intimidasi kafir Quraisy terhadap keislaman beliau.

Untuk menjaga keislaman dan keselamatan dari Kaum Quraisy, Abdurrahman bin Auf hijrah ke Habasyah. Dan setelah Rasul hijrah ke Madinah maka beliau juga mengikuti hijrahnya Rasul ke Madinah.

Dalam keadaan  hijrah, tentunya para kaum Muhajirin meninggalkan seluruh harta yang mereka punya dan tidak membawa apa-apa ke Madinah. Oleh karena itulah, Rasul mempersaudarakan kaum Muhajirin dengan kaum Anshar agar kaum Anshar yang ada di Madinah dapat menolong kaum Muhajirin ini.

Demikian pula, Abdurrahman bin Auf juga dipersaudarakan dengan Saad bin Rabi Al-anshori yang termasuk golongan orang kaya dari orang Madinah. Ketika akan diberikan beberapa harta dari Saad maka Abdurrahman menolak dan bertanya akan keberadaan dari pasar.

Itulah apa yang kemudian dilakukan oleh Abdurrahman yaitu mendatangi pasar dan segera berniaga di sana. Dalam waktu yang lumayan singkat, beliau sudah mampu untuk mengumpulkan harta yang lumayan banyak.

Bahkan di dalam beberapa peperangan yang dilakukan oleh Rasul bersama para sahabat, Abdurrahman bin Auf telah menjadi sosok yang begitu dermawan untuk menyumbangkan harta pribadinya demi perang yang ada.

Seperti yang ada di perang Badar di mana beliau juga menyumbangkan harta yang tak sedikit. Juga pada perang Tabuk beliau juga tak tinggal diam untuk menyumbangkan harta demi kelancaran perang yang akan terjadi.

Itulah bagaimana gambaran dermawannya sahabat Rasulullah yang paling kaya yaitu Abdurrahman bin Auf. Bahkan pada akhir hayat beliau, beliau mampu untuk memberikan warisan kepada empat istrinya sebesar 320.000 dinar. Tentu melhat hal ini dapat dibayangkan betapa besar kekayaan yang beliau miliki.

Selanjutnya : Apa Saja yang Dibutuhkan Saat Acara Ulang Tahun?
Sebelumnya: Makna Kata-kata Romantis dari Film Cinta Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar