Aneka Sajak tentang Air


Sajak tentang air adalah sebuah curahan kepedulian mengenai pentingnya air. Tanpa adanya air jernih, pasti akan banyak sekali penyakit yang akan menyerang manusia. Pantas saja kalau sudah sepatutnya semua orang peduli dengan air.

Sajak Air

Alam beserta isinya sudah sepatutnya dijaga demi kelangsungan hidup anak cucu kita. Membuat puisi atau sajak dan lagu menjadi salah satu cara untuk mengajak masyarakat senantiasa menjaga lingkungannya. Beberapa tokoh yang terkenal dengan karya sastra atau musisi Indonesia yang eksis berkampanye tentang lingkungan diantaranya Ully Sigar Rusadi, Ebiet G. Ade, Iwan Fals, Oppie Andaresta, dan masih banyak yang lainnya.

Tema sajak lingkungan pun beragam, mulai tentang hutan, tentang air, tentang angin, tentang bencana, dan sejenisnya. Sajak bertema air yang dibuat penyair Indonesia diantaranya Supardi Djoko Damono, yaitu Sajak Air Selokan, Akulah Si Telaga, Tajam Hujanmu, Sihir Hujan. Isi sajak mengenai air berjudul  Air Selokan yang dimuat dalam buku Perahu Kertas, tahun 1982.

Sajak lainnya dibuat bervariasi tergantung selera masing-masing penulis sajak tersebut. Seperti buatan Anonymous pada tahun 2013, berikut ini :

Perjalanan Air
Turun dari langit
Menjadi berkah

Untuk dedaunan, hewan, dan manusia
Turun dari langit
Menjadi musibah
Akibat manusia serakah
Yang babat habis bumi tempat air tersimpan
Pohon hanya bisa menangis dan tercekik tatkala kemarau

Tak ada sisa air
Tanah kerontang menengadah menanti turunnya air
Jangan kau babat lagi hutan-hutan itu wahai manusia serakah
Bahkan nyawamu dan keturunanmu tak akan sanggup menggantinya
Karena lebih banyak nyawa telah hilang
Akibat beringasnya babatanmu

Biarkanlah air mengalir
Dari langit ke tanah
Dari tanah ke sungai
Dari sungai ke laut
Dari laut kembali ke langit

Itulah contoh sajak tentang air, semoga menginspirasi untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan. Siapa lagi yang akan menjaga semua kelestarian tersebut kalau bukan manusia. Sedangkan mahluk lain hanya bisa pasrah ketika air tercemar dan mereka tidak berdaya. Manusia memang tidak boleh egois. Kpedulian manusia sangat dibutuhkan oleh alam dan isinya.

Selanjutnya : Pijit Syaraf Kaki untuk Mengobati Berbagai Penyakit
Sebelumnya: Manfaat Buah Olive Untuk Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar