Berbagai Penyakit dengan Gejala Sakit di Bagian Bawah Perut Sebelah Kiri


Jangan meremehkan setiap sakit yang dirasakan meskipun hanya rasa sakit yang ringan. Apalagi bila sakit semakin lama semakin terasa menyiksa dan mengganggu aktifitas Anda. Semua bagian yang dirasa sakit perlu diwaspadai, termasuk sakit di bagian bawah perut sebelah kiri. Karena sakit pada bagian tersebut bisa mengindikasikan adanya penyakit tertentu baik pada laki-laki maupun perempuan.

Sakit Bagian Bawah Perut

Penyakit-penyakit tersebut antara lain:

  • Pembesaran prostat, yang bisa mengakibatkan infeksi kandung kemih.
  • Infeksi kandung kemih, yang umumnya menyerang perempuan. Gejala yang menyertai adalah rasa sakit dan nyeri saat buang air kecil, urun berwarna kemerahan, mual, muntah, demam.
  • Radang usus, gejala sakit perut disertai pendarahan dari bagian anus, muntah, dan diare.
  • Kolonorektal atau kanker usus besar, gejala yang menyertai diantaranya terdapat darah pada feses, rasa tidak nyaman pada lambung, diare atau sembelit yang berkepanjangan, dan gejala tersebut berlangsung lama.
  • Batu ginjal, disertai sakit yang tidak jelas penyebabnya pada punggung, selangkangan, atau pada bagian kemaluan.
  • Infeksi ginjal, selain merasakan sakit pada kiri bawah perut, orang yang mengalami infeksi ginjal juga akan merasakan sering buang air kecil dan saat buang air kecil terasa panas seperti terbakar.
  • Divertikulitis,  merupakan pembentukan kantong kecil di dinding usus besar atau bagian sistem pencernaan lainnya. Gejala lain yang dirasakan adalah perut kembung.
  • Konstipasi atau sembelit, sakit yang dirasakan ringan dan akan hilang setelah lancar buang air besar. Tapi bila sembelit tidak kunjung sembuh meski sudah diobati, perlu diwaspadai sebagai gejala penyakit serius lainnya.
  • Keracunan makanan, gejala yang menyertai seperti mual, muntah, pusing, diare. Pada kondisi keracunan yang parah, orang bisa tidak sadarkan diri bahkan meninggal dunia.

Itulah beberapa penyakit yang bisa dialami seseorang dengan gejala sakit di bagian bawah perut sebelah kiri. Untuk lebih memastikan penyakit apa yang sedang terjadi, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter ahli. Apabila diperlukan dokter akan menyarankan pemeriksaan visual dengan USG, CT Scan, X-Ray, atau MRI.

Selanjutnya : Materi Tentang Jurnalistik
Sebelumnya: Trend Jam Tangan Remaja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar