Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah


Sinopsis    :

Sakit perut bagian bawah dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya karena adanya serangan bakteri. Bakteri ini bisa lansung menyerang bagian tubuh, bisa juga melalui makanan yang sudah dicemari terlebih dulu. Penyakit yang ditimbulkannya ditandai dengan gejala sakit dan nyeri pada perut bagian bawah, seperti sakit usus buntu dan kolera.

Isi        :

Anda pernah mengalami sakit perut bagian bawah? Jika ya, anda tentu penasaran dengan penyebab rasa sakit atau nyeri pada perut bagian bawah tersebut. Nyeri atau sakit perut tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal. Saat anda mengalami sakit perut bagian bawah, sebagai pertolongan pertama cobalah meminum obat sakit perut dan tunggu reaksinya. Jika kemudian sakit atau nyeri perut tersebut sembuh dan tak kambuh lagi, berarti memang tak ada penyakit serius yang menjadi penyebab timbulnya rasa sakit tersebut. Namun, jika rasa nyeri itu tidak sembuh atau sembuh kemudian kambuh lagi, mungkin memang merupakan gejala dari penyakit yang lebih serius.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang menunjukkan gejala berupa rasa sakit atau rasa nyeri pada perut bagian bawah.

Usus Buntu

Penyakit usus buntu ini bisa menjadi penyebab rasa sakit atau nyeri pada perut bagian bawah. Seperti apa sebenarnya penyakit usus buntu tersebut? Berdasarkan referensi terpercaya, penyakit usus buntu ini disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada usus yang disebabkan oleh adanya bakteri yang menyerang usus. Penyakit usus buntu ini menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa pada perut bagian bawah dan biasanya disertai dengan munculnya rasa mual dan muntah. Penyakit ini harus segera ditangani agar tidak menyebabkan hal yang lebih fatal atau lebih parah bagi kesehatan.

Kolera

Rasa sakit yang timbul pada perut bagian bawah ini juga disinyalir karena penyakit kolera. Penyakit seperti apakah kolera tersebut? Penyakit kolera adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Vibrio Cholerae. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan dan minuman yang telah tercemar oleh bakteri Vibrio Cholerae.

Selain itu, makanan yang dimasak kurang bersih atau kurang matang juga menjadi sasaran kuman Vibrio Cholerae ini untuk berkembang dan menginfeksi manusia. Gejala penyakit kolera ini ditandai dengan rasa sakit atau nyeri pada perut bagian bawah dan disertai rasa mual. Selain itu, kolera juga biasanya menimbulkan gejala berupa diare dan sering buang air besar. Penyakit ini juga harus segera ditangani, karena berisiko menyebabkan kematian.

Bagi Anda yang mengalami rasa sakit perut bagian bawah, tak ada salahnya untuk memeriksakannya ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Selanjutnya : Sakit Tulang Pinggang dan Penyebabnya
Sebelumnya: Rukun Khotbah Shalat Jum’at
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar