Sakit Perut Di Bagian Bawah Sebelah Kiri


Pernah merasakan sakit perut di bagian bawah sebelah kiri? Perut terasa seperti diremas atau ditusuk-tusuk? Jika ya, Anda mesti waspada karena nyeri di perut bawah sebelah kiri mengindikasikan beberapa gangguan kesehatan seperti maag, batu ginjal, usus buntu, kolera, sembelit, disentri, bahkan kista.

Gejala sakit perut sebelah kiri dapat berbeda pada pria dan wanita. Pada wanita, perut sebelah kiri bagian bawah berisi rahim, saluran telur, kantung telur, dan organ alat kelamin.

Pada pria, bagian tersebut hanya berisi usus. Nyeri perut ini tidak selalu berasal dari tempat dirasakannya keluhan karena bisa jadi merupakan penjalaran dari lokasi lainnya.

Nyeri perut sebelah kiri bawah adalah sakit yang dirasakan pada bagian perut dari pusat ke bawah. Perempuan dan para lanjut usia sering mengalami nyeri ini. Nyeri pada perut dibedakan menjadi nyeri viseral dan nyeri somatik.

Penyebab nyeri perut sebelah kiri bawah bermacam-macam diantaranya infeksi pada tuba falopi sebelah kiri, penyakit pada ovarium kiri, kehamilan ektopik sebelah kiri (adanya pembesaran rahim/kehamilan di luar rahim), colitis ulseratif, penyakit Crohn, infeksi saluran kemih sebelah kiri yang diakibatkan bakteri, batu ginjal kiri karena adanya batu yang masuk ke ureter, irritable bowel syndrome (IBS), dan diverticulitis (penyakit pada usus besar di atas usia 60 tahun), hernia karena usus terjepit, dan endometriosis pada saat haid.

Pemeriksaan sakit perut sebelah kiri bawah ini bisa dilakukan dengan USG perut, pemeriksaan saluran cerna, pemeriksaan darah, foto rontgen perut, dan bila perlu dilakukan pemeriksaan endoscopy dan pemeriksaan urin lengkap.

Pencegahan sakit perut sebelah kiri bawah dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan cepat saji, berhenti merokok, banyak minum air putih, konsumsi makanan sehat secara teratur, rutin berolahraga, dan tidur cukup.

Untuk deteksi dini lakukan pemeriksaan kesehatan setiap 6 bulan sekali. Untuk perempuan lakukan pap-smear secara berkala.

Pengobatan sakit perut bagian kiri bawah tergantung pada gejala dan penyebabnya serta stadium penyakit tersebut. Pemberian antibiotik, pengobatan alternatif, bahkan operasi mungkin dilakukan.

Jika gejala sakit perut di bagian bawah sebelah kiri yang Anda rasakan belum juga hilang atau sudah Anda rasakan cukup lama, segera kunjungi pusat kesehatan atau rumah sakit terdekat dan periksakan kondisi Anda ke dokter spesialis penyakit dalam.

Selanjutnya : Mengenal Tumbuhan Padi
Sebelumnya: Ritual Surat Yasin Jangan Dijadikan Pengkultusan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar