Sakit Telinga Berdenyut

Sakit telinga berdenyut tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebab, hal itu membuat setiap perkataan lawan bicara tidak dapat ditangkap dengan baik. Rasa sakitnya juga membuat sekujur tubuh ikut merasakannya. Meski tergolong ringan, kita tak boleh mengabaikannya. Memahami penyebab dan cara mengatasinya akan membuat aktivitas sehari-hari berjalan lancar.

Telinga Berdenyut

Loading...

Sebagian besar orang pernah mengalami telinga berdenyut, entah sering atau jarang sekali. Denyutan di telinga tentu saja hanya bisa dirasakan oleh penderitanya. Parahnya, denyutan tersebut bisa membuat kepala pusing dan saat dikorek dengan tangan maka akan lebih menimbulkan rasa sakit. Namun tenang saja. Sebab, itu bukan penyakit yang sangat berbahaya  sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Masyarakat telah biasa mempergunakan earphone atau headset dalam kesehariannya. Asyik mendengarkan musik, tak terasa telah menggunakan earphone selama berjam-jam. Akhirnya, telinga terasa berdenyut bahkan sampai sakit kepala. Apakah ini gara-gara volume musik yang terlalu keras? Denyut di telinga dan sakit kepala yang Anda rasakan kemungkinan besar bukan karena volume musik yang terlalu kencang. Sebab, volume hanya berdampak pada gendang telinga dan fungsi pendengaran. Kemungkinan ada bisul atau jerawat di dalam telinga yang wujudnya tidak terlihat dari luar.

Sebab Telinga Berdenyut

Selain menggunakan dua alat pendengar tersebut, kesibukan yang sangat tinggi membuat kebersihan telinga semakin tidak diperhatikan. Setelah mandi, kebanyakan cukup mengelap permukaan telinga dan jarang dilanjutkan dengan membersihkan telinga bagian dalam. Padahal, bagian dalam telinga memproduksi minyak terus-menerus.

Kondisi kotor dalam telinga menyebabkan banyak minyak menggumpal sehingga menimbulkan jerawat di telinga. Jerawat inilah biang yang paling bertanggung jawab atas berdenyutnya telinga Anda. Kondisi ini akan lebih mudah terjadi pada orang-orang yang gemar memasang piranti gadget di telinga. Sebab, minyak telinga dan kotoran dari headset bekerja sama dalam menimbulkan jerawat.

Sifat jerawat di telinga tersebut tentu saja mirip dengan jerawat yang ada di wajah, yakni menimbulkan rasa perih atau berdenyut serta benjol kemerahan. Untuk mengatasinya, Anda dapat meminta bantuan dokter THT (telinga hidung tenggorokan) agar memberikan antibiotik yang sesuai. Apabila Anda anti-dokter dan ingin menyembuhkannya sendiri, cukup bersihkan telinga kemudian pijat bagian yang terasa sakit hingga jerawatnya teratasi. Ingat, cara tersebut harus dilakukan secara hati-hati dan tetap menjaga kebersihan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk menghindari telinga berdenyut akibat jerawat, jagalah kebersihan telinga secara rutin seminggu atau dua minggu sekali. Perawatannya cukup dengan membersihkan bagian dalam telinga dengan bantuan cottonbud dan jangan lupa untuk membersihkan headset atau earphone setiap kali akan dipergunakan.

Mudah bukan, menghindarkan diri dari sakit telinga berdenyut? Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Jurus Jitu Cara Cepat Bermain Billiard
Sebelumnya: Cara Membuat Latar Belakang Skripsi yang Benar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar