Sakit Tulang Pinggang dan Penyebabnya


Sinopsis        :

Sakit pinggang dapat disebabkan karena adanya tarikan, robekan, tekanan atau perandangan pada tulang pinggang. Sakit yang menahun akan membuat rasa nyeri merambat ke atas tulang belakang. Sakit pinggang ini dapat dipicu oleh gangguan pada struktur tulang, sikap gerak badan yang salah, tidur dengan alas yang terlalu lentur, memakai sepatu tumit tinggi dan banyak lagi lainnya.

Isi            :

Barangkali anda pernah mengalami rasa nyeri pada pinggang. Sakit tulang pinggang atau sering disebut sakit pinggang berkaitan dengan susunan dan fungsi tulang belakang. Bagian-bagian dari susunan tulang belakang tersebut memiliki saraf yang dapat memberikan rangsangan nyeri. Rasa nyeri pada pinggang dapat disebabkan karena adanya tarikan, robekan, tekanan atau peradangan pada bagian tersebut.

Rasa nyeri dan kaku pada pinggang yang dialami bertahun-tahun akan merambat ke atas tulang belakang yang bisa mengakibatkan punggung menjadi kaku dan bungkuk.

Penyebab Timbulnya Sakit Pinggang

  • Terdapat gangguan pada struktur dan kesatuan fungsi tulang belakang.
  • Sikap gerak badan yang salah pada saat membungkuK dan mengangkat beban.
  • Tidur dengan alas yang terlalu lentur karena membuat tulang belakang mengikuti lenturan alas yang ditiduri.
  • Memakai sepatu tumit tinggi. Hal ini dapat membuat lengkungan tulang belakang menjadi berlebihan yang akan mengakibatkan gejala sakit pinggang.
  • Kurangnya olahraga yang dapat menyebabkan menurunnya kelenturan sendi-sendi dan jaringan yang mengakibatkan otot mudah cedera karena gerakan yang sederhana, seperti: membungkuk, mengangkat atau mendorong.
  • Pengaruh penyakit. Nyeri pinggang dapat disebabkan adanya pengaruh suatu penyakit seperti penyakit jantung, kanker, gangguan ginjal, penyakit tulang atau gangguan metabolik.

Untuk mengantisipasi sakit pinggang atau meminimalisir rasa nyeri bagi penderita, maka dianjurkan untuk berolahraga secara teratur. Olahraga dapat melenturkan sendi- sendi dan jaringan otot. Hindari juga mengangkat beban terlalu berat sehingga tulang pinggang dapat cedera. Serta perhatikan posisi ketika membungkuk atau mendorong beban.

Selain itu, usahakan menggerak-gerakkan tubuh secara perlahan setelah duduk berlama-lama. Duduk yang terlalu lama akan mengakibatkan tulang menjadi kaku dan diperlukan gerakan perlahan untuk menghindari terjadinya kejutan yang dapat saja mencederai tulang-tulang pinggang. Dapat juga melakukan gerakan berbaring datar atau membungkuk-bungkuk secara perlahan dan teratur. Upayakan juga menjaga keseimbangan antara kegiatan fisik dan istirahat termasuk menjaga pola makan yang sehat.

Sakit tulang pada pinggang memang biasanya terjadi pada usia lanjut, namun sering pula terjadi pada anak-anak muda. Untuk itu menjaga kesehatan tulang perlu diperhatikan dengan cara pola hidup yang sehat dan dengan olahraga yang teratur.

Selanjutnya : Sedikit Kelemahan N82
Sebelumnya: Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar