Tujuan dan Sasaran Agrobisnis


Sebelum dibicarakan tujuan dan sasaran agrobisnis, terlebih dahulu akan dijelaskan pengertian agrobisnis. Agrobisnis adalah usaha yang berhubungan dengan pertanian. Usaha tersebut biasanya dilakukan dengan mengembangkan sektor pertanian. Usaha itu tidak hanya mengandalkan penjualan hasil pertanian, tetapi juga memaksimalkan sektor pertanian dari segala sisi.

Pelaksanaan Agrobisnis

Agrobisnis dilaksanakan dengan mengoptimalkan sarana dan prasarana pertanian untuk mendapatkan hasil pertanian yang maksimal, mengembangkan sistem administrasi dan manajemen pembangunan pertanian modern, serta meningkatkan sumber daya manusia pelaku sektor pertanian.

Untuk mengoptimalkan sarana dan prasana pertanian, peran pemerintah akan sangat dibutuhkan. Pemerintah bisa membantu memberikan atau meminjamkan dana bagi para petani untuk meningkatkan sarana dan prasarana pertanian. Dana tersebut bisa digunakan untuk membeli benih tanaman yang berkualitas baik, membeli pupuk yang sesuai dengan tanaman yang sedang ditanam dalam jumlah mencukupi, serta membeli alat dan mesin pertanian yang sesuai dengan kebutuhan petani.

Untuk mengembangkan sistem administrasi dan manajemen pembangunan pertanian modern, pemerintah bisa membantu mengembangkan agroindustri yang bergerak di bidang pengolahan hasil pertanian. Hal tersebut bisa membantu peningkatan nilai tambah hasil pertanian dan perluasan jaringan penjualan. Peningkatan sumber daya pelaku sektor pertanian dapat diwujudkan dengan memberikan penyuluhan bagi petani-petani di desa serta memberikan pengetahuan dan wawasan yang memadai bagi petugas penyuluh pertanian dan para petani.

Selain dengan meningkatkan sarana dan prasarana pertanian untuk meningkatkan hasil pertanian, agrobisnis bisa dilaksanakan dengan cara ”menjual” pengalaman bertani tersebut kepada masyarakat sebagai suatu daya tarik pariwisata. Usaha tersebut bisa dilakukan dengan membuka kelas bertani bagi anak-anak dan orang dewasa, mengadakan event panen hasil pertanian bersama yang terbuka bagi masyarakat umum, mendirikan tempat makan atau toko yang menjual hasil olahan pertanian, dan sebagainya.

Sasaran Agrobisnis

Secara umum, sasaran agrobisnis adalah meningkatnya produksi pertanian, menyediakan infrastruktur penunjang bagi para petani, serta menyediakan jaringan pemasaran hasil pertanian. Meningkatnya produksi pertanian berarti meningkat pula hasil produksi tersebut. Pada akhirnya, peningkatan hasil produksi pertanian akan membantu meningkatkan pererkonomian para petani. Tersedianya infrastruktur penunjang bagi para petani memungkinkan petani untuk memaksimalkan produksi pertaniannya. Infrastruktur yang baik akan berimbas baik juga pada produksi pertanian.

Adanya jaringan pemasaran hasil pertanian yang baik memungkinkan petani menjual hasi pertaniannya kepada pasar yang lebih luas dan dengan harga yang lebih baik. Jaringan pemasaran yang baik secara tidak langsung akan menghindarkan petani dari para tengkulak yang kadang membeli hasil pertanian dengan harga yang tidak sesuai dengan harga pasar.

Sasaran agrobisnis yang dijelaskan di atas hanyalah penjelasan secara umum. Masih ada beberapa sasaran khusus lainnya yang bisa dicapai jika agrobisnis tersebut dilaksanakan dengan baik.

Selanjutnya : Pengertian Energi Listrik Secara Umum
Sebelumnya: Beberapa Jenis Makanan yang Memicu Penyakit Asam Urat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar