Jumlah Satelit Planet Uranus Adalah 27 Buah


Planet Uranus mungkin telah dikenalkan dalam pelajaran di tingkat Sekolah Dasar. Planet ini berada dalam urutan ketujuh dalam sistem tata surya Matahari.

Uranus bersama Jupiter, Saturnus, dan Neptunus tergolong dalam planet Jovian atau planet  raksasa gas. Dia menempati planet terbesar urutan nomor tiga setelah Saturnus dan Jupiter. Namun, massa planet ini berada di posisi terakhir dalam planet Jovian. Menariknya, satelit planet Uranus adalah cukup banyak. Satelit alam yang baru teridentifikasi berjumlah 27 buah.

Mengenal Uranus

Hipotesa pembentukan planet Uranus salah satunya mengacu pada teori Nebula  dari tiga ilmuwan ternama, yaitu Pierre Simon Laplace, Emanuel Swedenborg, dan Immanuel Kant. Diperkirakan tata surya awalnya dari awan gas nebula yang lantas menjadi padat seperti bola gas raksasa. Bola gas ini menjadi bintang seperti halnya matahari.

Sementara itu, planet-planet yang ada dalam sistem tata surya terbentuk dari sisa bahan penyusun bintang. Wujudnya adalah gas dan debu. Dari kedua unsur ini kemudian memadat dan menjadi planet. Terbentuknya Uranus tidak lepas dari pembentukan planet lain dalam tata surya.

Planet Uranus pertama kali ditemukan oleh John Flamsteed pada tahun 1690. Diameter yang dimiliki Uranus 4,8 kali dari Bumi. Kekuatan massanya mencapai empat kali dari Bumi. Dalam sekali melakukan rotasi, Uranus memerlukan waktu 17 jam 14 menit. Sementara waktu yang diperlukan untuk berevolusi mengelilingi matahari, Uranus butuh 84 tahun menurut satuan waktu di Bumi.

Satelit Alam Milik Planet Uranus

Satelit yang dipunyai Uranus sangat banyak. Satelit yang baru terdeteksi sampai sekarang berjumlah 27 buah. Namun, dari seluruhnya ada lima satelit utama yang diberi nama Ariel, Umbriel, Titania, Miranda, dan Oberon. Sistem satelit tersebut disebut juga Uranian. Sayangnya sistem Uranian ini dibanding dengan sistem satelit di planet lain termasuk yang kurang masif.

Ukuran jari-jari satelit Uranus yang terbesar berukuran 788,9 kilometer. Ini dimiliki oleh satelit Titania. Dengan besaran ini, maka ukurannya kurang lebih setengah jari-jari bulan. Satelit ini menempati urutan ke-8 sebagai satelit yang terbesar dalam sistem tata surya matahari. Di Titania diperkirakan hanya ada daratan es dan debu dengan perbandingan yang sama.

Sementara satelit Umbriel ditaksir menjadi satelit tertua milik Uranus. Sementara yang termuda dari satelit planet Uranus adalah Ariel. Sungguh indah bila Bumi memiliki satelit cukup banyak seperti Uranus.

Selanjutnya : Tips Modif Ninja 250
Sebelumnya: Menu Seimbang Untuk Makan Malam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar