Sayur untuk Jantung Sehat


Sayur sangat bermanfaat bagi tubuh dan merupakan bagian yang tak terpisahkan agar kita dapat selalu sehat dan bugar. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayur setiap hari untuk menjaga keseimbangan nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Selain banyak mengandung serat, sayur juga mengandung vitamin dan mineral yang tentunya baik untuk tubuh. Sayur juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit, salah satunya adalah sayur untuk jantung sehat.

Mudah lelah dan sesak napas, segeralah periksakan diri Anda ke dokter, karena dua hal tersebut termasuk gejala umum penyakit jantung. Gejala lainnya adalah faktor gaya hidup tidak seimbang, seperti olahraga tidak teratur, merokok, stres, kurang istirahat, serta pola makan tidak sehat, seperti banyak mengonsumsi gula tidak sesuai dengan porsi yang diharuskan. Faktor resiko penyakit jantung lainnya adalah unsur bawaan seperti riwayat keluarga, umur, jenis kelamin, dan ras.

Selain periksa ke dokter, Anda juga harus mengubah dan mengontrol pola makan hidup Anda, salah satunya dengan mengonsumsi sayur untuk menyembuhkan penyakit jantung, yaitu bawang putih, lidah buaya, wortel, tomat, dan mentimun. Selain itu juga sayur bayam mempunyai asam folat yang dapat mengobati penyakit jantung, serta sayur brokoli yang mempunyai manfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memelihara kepadatan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung.

Selain sayur, beberapa buah untuk menyembuhkan penyakit jantung antara lain delima, jagung manis, kiwi, buah berry, jeruk, anggur, apel, alpukat, strawberry.

Namun jangan salah, ada pula sayur pemicu penyakit jantung, yaitu sayur kol. Sayuran ini mengandung vitamin K yang membantu mengentalkan darah. Semakin sedikit vitamin K yang dimiliki tubuh, maka semakin kecil kemungkinan seseorang mengalami penggumpalan darah. Maka dari itu hindari mengkonsumsi sayur kol secara berlebihan agar tidak terjadi penggumpalan darah.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menghindari penyakit jantung, seperti memakan makanan yang menghalau penyakit jantung, di antaranya oatmeal, kacang-kacangan, yoghurt, kedelai, asparagus dan ubi jalar, tuna, nasi merah, dan pisang.

Selain buah dan sayur untuk jantung sehat, cara lain untuk mencegah penyakit jantung dan membuat jantung tetap sehat adalah dengan berolahraga, seperti berjalan, jogging, bersepeda, dan berenang.

Selanjutnya : Analisis Intervensi Negara Maju Terhadap Negara Berkembang
Sebelumnya: Tips Mengobati Penyakit Cacar Air secara Efektif
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar