Manfaat Sayuran buat Ibu Hamil

Saat hamil anda tidak bisa makan sembarangan. Untuk kesehatan bayi dan ibu, anda harus selektif memilih makanan. Tidak semua makanan aman dikonsumsi bagi ibu hamil. Makanan merupakan sumber nutrisi penting kebutuhan nutrisi dalam kandungan. Untuk mendapatkan nutrisi yang sehat sebaiknya anda mengkonsumsi makanan alami dalam arti yang bergizi tinggi demi perkembangan janin anda. Mengkonsumsi makanan sehat bisa mengurangi resiko kurang gizi pada bayi anda. Sayuran, buah-buahan, telur, merupakan contoh makanan yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan.

Sayuran buat ibu hamil sangat dianjurkan dikonsumsi terutama sayuran berwarna hijau sangat direkomendasikan. Karena sayuran hijau mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, C, dan K serta folat yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil. Sayuran tersebut baik untuk menjaga kesehatan mata sekaligus berfungsi sebagai antioksidan. Berikut ebebrapa daftar sayuran yang dianjurkan:

1.  Brokoli

Sayuran berwarna hijau sangat baik untuk nutrisi ibu hamil. Terutama sayuran berwarna hijau tua. Contohnya brokoli, sayuran ini mmiliki kandungan air yang banyak dan vitamin B kompleks. Brokoli berfungsi mempertahankan dan membentuk sel baru dalam tubuh.

2.  Buncis

Buncis memiliki serat terbaik dan protein yang banyak. Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan adalah protein. Bunci mereupakan sayuran dari golongan kacang-kacangan yang kaya akan gizi seperti kalsium, folat, dan besi.

3.  Daun Singkong

Sayuran hijau lainnya yang baik untuk ibu hamil adalah daun singkong. Daun singkong memiliki unsur nutrisi sebagai zat pengusir radikal bebas sehingga bisa berfungsi sebagai antioksidan ibu hamil.

4.  Bayam

Tidak diragukan lagi sayuran yang satu ini memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh. Kandungan zat besi pada bayam dapat meningkatkan sel darah merah sehingga baik baik bagi ibu hamil yang mengalami gejala anemia. Kandungan kalium dan magnesium dalam bayam  juga mampu mengurangi resiko darah tinggi.

Mengkonsumsi sayuran buat ibu hamil memberikan banyak keuntungan. Jika selama kehamilan mengkonsumsi sayuran maka secara tidak langsung anda sudah memperkenalkan makanan sehat berupa sayuran kepada si jabang bayi.

Selain untuk kebutuhan gizi anda dan jabang bayi, kelak jabang bayi ketika beranjak dewasa juga akan terbiasa mengkonsumsi sayuran dan bergaya hidup sehat dengan sayuran. Itulah sayuran buat ibu hamil yang bagus.

Loading...
Selanjutnya : Nama-Nama Tokoh Agama Islam Sedunia Penemu Ilmu Pengetahuan
Sebelumnya: Sayuran yang Bisa Menambah Sel Darah Putih
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar