Sayuran dan Makanan yang Dipantang Diabet

Sayuran dan makanan yang dipantang diabet harus benar-benar diperhatikan. Dan bagi mereka penderita diabet menjaga pola makanan dan minuman sangat sekali dianjurkan. Hal ini dilakukan agar kadar gula dalam darah tidak meningkat terus dan si penderita dianjurkan untuk bisa menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Kenalilah gejala-gejala dari diabetes tersebut.

Seseorang dikatakan menderita diabetes apabila kadar gula dalam darah berada di atas 126 mg/dl ( puasa ) dan di atas 200 mg/dl ( tidak puasa ). Dan gejala diabetes muncul ketika kadar gula berada di atas 270 mg/dl. Ada baiknya dilakukan tes darah dan urin untuk mengetahui secara pasti apakah kita menderita diabetes atau tidak.

Tanda-tanda diabet pada umumnya adalah : meningkatnya frekuensi kencing, dehidrasi, berat badan turun, jika terjadi luka sembuhnya lama, penglihatan terganggu, mudah capek (kelelahan), sering merasakan haus.

Penyebab Penyakit Diabet

Hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit diabet, selain karena pola makan yang buruk, hal lainnya yang juga menjadi penyebabnya adalah : usia, obesitas, stress, keturunan, kegiatan fisik dan jenis kelamin.

Pada umumnya wanita lebih banyak terkena diabet dibandingkan dengan pria. Untuk itulah hindarilah sayuran dan makanan yang dipantang diabet, agar resiko meningkatnya kadar gula dalam darah bisa dihindari.

Untuk makanan yang dilarang penderita diabet yaitu nasi, mie dan pasta, gula roti, buah ( khususnya durian, pisang, nangka, sawo, sirsak dan mangga ). Selain itu hindarilah makanan yang dibungkus dengan daun khususnya daun pisang. Sedangkan untuk sayuran yang dipantang diabet adalah kentang, jagung, buncis, tomat, labu dan ubi manis.

Seorang penderita diabetes benar-benar harus mampu mengontrol hasratnya untuk mengkonsumsi makanan yang dilarang bagi dirinya. Masih ada beberapa jenis makanan dan sayuran masih boleh dikonsumsi namun jumlah/takarannya dikurangi dan ada juga yang benar-benar tidak boleh dikonsumsi, kalau bisa konsultasikan ini dengan dokter.

Tindakan yang Harus Dilakukan Oleh Penderita Diabet

Selain menghindari sayuran dan makanan yang dipantang diabet, hal lainnya untuk mengurangi meningkatnya kadar gula dalam darah. Ada baiknya lakukan tindakan sebagai berikut :

1. Lakukan tindakan diet dengan mengkonsumsi karbohidrat serat seperti beras merah, oats, sorghum dan sayuran segar yang tidak dilarang untuk dikonsumsi. Konsumsi juga daging/protein yang rendah lemak. Diselingi makan buah segar yang cocok untuk diet

2. Jangan makan makanan yang tinggi kadar sodiumnya ( asin ) dan makanan kaleng;

3. Lakukan olah raga secara teratur seperti jalan kaki

4. Cobalah mengkonsumsi suplemen yang dianjurkan seperti suplemen yang mengandung seng, magnesium dan proxeronin. Konsultasikan dulu hal ini dengan dokter

Demikianlah ulasan tentang sayuran dan makanan yang dipantang diabet, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Golongan Obat-obat Antibiotik
Sebelumnya: Kata Penutup Proposal Event
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...