Sayuran yang Cocok Ditanam di Dataran Rendah


Ciri khas daerah dataran rendah adalah udaranya yang panas. Dataran rendah terletak pada ketinggian 0 meter di bawah permukaan air laut sampai 500 meter. Dengan kondisi demikian tidak semua tanaman memang cocok ditanam di dataran rendah misalnya sayuran. Namun sekarang dengan melakukan perawatan khusus sayuran dataran tinggi seperti sawi, kol, dan selada dapat dibudidayakan di dataran rendah. Dalam budidaya sayuran yang cocok ditanam di dataran rendah, lahan yang digunakan harus mendapat sinar matahari penuh sepanjang hari.

Kebutuhan sayuran yang semakin meningkat di masyarakat merupakan peluang bisnis yang menjanjikan sehingga semakin bertambah petani yang beralih melakukan budidaya sayuran. Media tanam di dataran rendah biasanya menggunakan campuran tanah dan kompos dengan tujuan tanah semakin gembur. Menanam sayur tidak terbatas pada lahan yang luas saja tetapi polybag merupakan pilihan media yang baik.

Pemeliharaan untuk kebutuhan air juga harus diperhatikan. Sayur yang ditanam dengan media polybag jangan disiram terlalu sering karena dapat menyebabkan akar membusuk oleh kondisi tanah terlalu lembab. Selain menggunakan sampah kompos, pupuk organik lain yang sering dipakai yaitu kotoran hewan dan sampah pasar yang dibakar. Namun pembakarannya jangan sampai menjadi abu sebab akan hilang nutrisinya.

Beberapa contoh sayuran yang cocok ditanam di dataran rendah adalah mentimun, pare, terung hijau, kacang panjang, dan sebagainya. Sementara sawi, selada, bayam cabut, kemangi, juga banyak dibudidayakan karena umur yang pendek sekaligus harga yang murah. Sayuran hasil budidaya dataran rendah telah menghasilkan kualitas sayuran yang baik dan segar. Kebutuhan sayuran setiap hari juga semakin mendorong petani untuk memanen sayuran setiap harinya.

Oleh karena itu petani harus mengatur tanamannya agar bisa dipanen setiap hari meskipun saat menanam sayuran tidak perlu setiap hari pula. Petani bisa menggunakan pola penanaman mingguan agar sayur bisa ditanam setiap hari.

Budidaya sayuran dataran rendah merupakan prospek bisnis yang menjanjikan karena kebutuhan sayuran untuk konsumsi sehari-hari. Semakin banyak sayuran yang dipasarkan di supermarket memotivasi petani untuk meningkatkan budidaya volume sayurannya. Perawatan sayuran yang baik serta pembasmian hama secara rutin dapat menghasilkan sayuran yang berkualitas.

Selanjutnya : Schizophrenia Jenis Penyakit Gangguan Kejiwaan yang Merusak
Sebelumnya: Sejarah Masuknya Islam di Afrika
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar