Sebab Batuk Kering dan Obatnya


Batuk kadang menjengkelkan. Selain bisa menunda aktivitas, batuk juga membuat tubuh terganggu. Apalagi jika mengalami batuk kering. Ada banyak sebab batuk kering, yang dapat mengganngu aktivitas kita sehari-hari.

Selain cuaca, penyakit ini juga bisa dipengaruhi infeksi, virus atau bakteri. Jika kondisi tidak membaik, segera periksakan ke dokter. Memang, tak semua batuk termasuk penyakit. Seperti bersin, kadang batuk juga sebagai satu sistem ketahanan tubuh.

Dengan batuk, kita bisa mengeluarkan penyakit atau cairan tertentu dari tubuh. Namun, jika kondisinya sudah mengganggu tubuh dan terjadi berlarut-larut, ada baiknya Anda waspada. Sebab, itu bisa menjadi penyakit serius yang perlu ditangani.

Penyebab Batu Kering

Seperti halnya batuk kering. Penyakit ini banyak menyiksa penderitanya. Apalagi, jika sudah berminggu-minggu. Selain faktor di atas, batuk ini bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

• alergi suhu dingin
• asma
• gejala kanker paru-paru
• sinusitis
• pengaruh komplikasi obat
• bisa juga menyerang mereka yang baru saja berhenti merokok.

Jika kasusnya berlarut, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter agar tidak menjadi kronis. Biasanya ada gejala awal yang sering dialami, seperti: pusing, insomnia, tenggorokan kering, sakit kepala, atau suara serak.

Selain itu, tanda-tanda lain yang perlu diwaspadai adalah batuk terjadi siang malam dan tidak henti berminggu-minggu sampai enam minggu. Hal ini perlu diantisipasi karena bisa jadi ada gangguan di saluran pernafasan, terjadi penyempitan di saluran nafas, terjangkit kuman TBC, dan sejenisnya.

Jika dikonsultasikan ke dokter, diagnosa dini bisa diketahui. Setelah itu bisa ditangani dengan obat sesuai anjuran. Namun, jika Anda yakin batuk keringnya tidak masalah, bisa saja langsung dicoba dengan resep atau obat umum di pasaran.

Tentu saja penggunaan obat umum harus tetap disesuaikan dengan gejalanya. Apakah terjadi karena alergi, infeksi virus, kuman, atau kelainan fisiologis. Masyarakat sering mengenal OBH dan Vicks Formula  sebagai obat pamungkas penyakit ini.

Selain itu, obat batuk jenis lain yang generik bisa dicoba juga. Hal yang patut diingat, Biasanya dalam  obat batuk mengandung zat antitusif untuk menekan batuk, melegakan napas, pengencer lendir. Ini mungkin bisa dicoba. Baca label, kegunaan, dan kandungan zat dalam kemasan obat.

Namun jika Anda tak ingin coba-coba dan sebab batuk kering telah menyerang begitu dahsyat, ada baiknya segera konsultasikan dengan pihak medis. Apalagi jika penyakit itu menyerang buah hati Anda yang masih kecil.

Selanjutnya : Membimbing Remaja yang Beranjak Dewasa Sebaiknya Dalam Kontrol Orang Tua
Sebelumnya: Sensasi Rumah Makan Murah Bogor
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar