Peristiwa dan Sebab Pertempuran Bandung Lautan Api


Apa sebab pertempuran Bandung lautan api? Bandung adalah sebuah ibukota di Jawa Barat memiliki sejarah tersendiri yang khas dan dikenal yaitu Bandung Lautan Api.

Peristiwa yang berlangsung sesudah kemerdekaan itu merupakan peristiwa yang cukup dramatik. Kobaran api di bagian Bandung Selatan yang membuat Bandung sepeti kota terbakar tersebut merupakan sejarah yang tidak dipisahkan dari perjalanan kota Pasundan ini.

Sayangnya belum banyak yang mengetahui dengan pasti sebab pertempuran itu. Atas dasar itu Paguyuban Pelestarian Budaya Bandung merasa perlu memberikan informasi tentang peristiwa tersebut lewat sebuah buku berjudul “Saya Pilih Mengungsi: Pengorbanan Rakyat Bandung untuk Kedaulatan” yang diterbitkan oleh Penerbit Bunaya, Maret 2002.

Dalam buku tersebut, dikisahkan secara jelas bagaimana peristiwa itu bisa terjadi dan sebab terjadinya peristiwa tersebut. Saat itu setahun setelah deklarasi kemerdekaan namun situasi masih memanas karena Belanda belum mau meninggalkan Indonesia. Akibat situasi ini, Bandung menjadi kota yang  terancam akan diduduki oleh pihak Belanda dan Inggris.

Para pejuang saat itu TRI (Tentara Rakyat Indonesia) terbagi ke dalam dua pendapat. Ada yang menginginkan tinggal di Bandung untuk melawan langsung Belanda dan ada juga yang memberi usulan perlunya pengungsian.

Nasution, pemimpin tertinggi militer di Bandung memilih opsi untuk menginggalkan kota Bandung. Alasannya karena persenjataan TRI saat itu tidak akan cukup melawan pihak penjajah.

TRI pun memilih mengungsi dengan syarat rakyat Bandung juga ikut karena ada rencana untuk membumihanguskan sebagian daerah Kota Bandung.

Lewat siaran Radio, rakyat Kota Bandung diminta untuk mengungsi. Informasi ini menyebar dengan cepat sehingga ketika malam tiba situasi sedikit panik dan kelam karena beberapa penduduk masih ada yang belum mengungsi.

Berkat kerjasama dengan pihak para tetua warga, warga berbondong-bondong mengungsi. Ada yang ke Majalaya, Cigereleng, ada juga yang ke daerah Jalan Raya Banjaran.

Beberapa peledak pun dipasang sehingga menimbulkan kobaran api. Situasi ini dibantu oleh para penduduk yang sengaja membakar rumahnya sendiri.

Dengan koordinasi yang sangat baik antara TRI dan penduduk ini, Bandung malam itu berkobar. Daerah Cicadas, Tegalega, dan sekitar Ciroyom merupakan daerah dengan kobaran api paling besar.

Itulah peristiwa dan sebab pertempuran Bandung Lautan Api. Peristiwa tersebut sampai sekarang masih dikenang. Berkat peristiwa tersebut Bandung tidak diduduki pihak asing karena gedung pemerintahan pun ikut hangus terbakar.

Selanjutnya : Ciri-Ciri Orang Yang Cerdas
Sebelumnya: Bedak Clear Smooth dari Maybelline
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar