Sebutan Dokter Mata


Sebutan dokter mata adalah sebutan bagi dokter yang memiliki spesialisasi di bidang mata. Untuk menjadi seorang dokter bukanlah hal mudah. Disamping biaya pendidikan dokter yang tinggi, ada syarat yang harus dipenuhi agar bisa menjadi seorang dokter.

Seseorang yang ingin menjadi dokter harus menempuh pendidikan di perguruan tinggi jurusan kedokteran. Lama pendidikan rata-rata sepuluh semester, tujuh semester pertama untuk meraih gelar sarjana kemudian tiga semester berikutnya magang di rumah sakit.

Dokter spesialis banyak jenisnya, misalnya spesialis mata, spesialis kulit dan kelamin, spesialis kandungan, dan sebagainya. Semua dokter yang memiliki spesialisasi itu maupun kategori dokter umum semuanya bergabung menjadi satu dalam sebuah organisasi bernama (IDI) Ikatan Dokter Indonesia.

Sementara spesialisasi dokter mata juga memiliki asosiasi sendiri dibawah naungan IDI yaitu PERDAMI (Perhimpunan Spesialis Dokter Mata Indonesia). Organisasi ini berdiri di Jakarta tanggal 5 Juli 1964. Tujuan organisasi ini adalah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang spesialis mata serta meningkatkan kesehatan mata masyarakat Indonesia. Kehadiran PERDAMI merupakan unsur pelengkap bagi IDI.

Profesi dokter bukan sebuah profesi yang mewah saat ini. Banyak orang berlomba-lomba menimba ilmu untuk mendapatkan gelar dokter. Jika dulu seorang dokter selalu ditempatkan dalam tingkatan atas dalam masyarakat karena kemmpuannya menyembuhkan sehingga dianggap sebagai profesi yang sangat mulia.

Ketika teknologi semakin canggih seiring berjalannya waktu, banyak pekerjaan yang dianggap sebagai bisnis semata. Saat ini banyak dokter yang menggunakan pekerjaan mereka dalam mencari keuntungan yang banyak. Memberi resep seadanya, memberi pemeriksaan medis tambahan padahal tidak ada keterangan yang jelas mengenai implikasi pemeriksaan tambahan tersebut.

Akan tetapi tidak semua dokter demikian. Diluar sana masih banyak dokter yang melakukan profesinya dengan ikhlas dan semangat. Bahkan dokter itu membebaskan biaya pengobatan pasien tanpa mengharapkan imbalan.

Bagi seorang dokter mata, tanggungjawab terbesar adalah meringankan penderitaan pasien yang emmiliki keluhan sakit pada mata. Untuk itu dokter mata khususnya organisasi PERDAMI memiliki peran penting mengatasi kebutaan yang ada di Indonesia. Selain itu penyakit mata yang banyak diderita warga Indonesia adalah katarak.

Sebutan dokter mata bagi dokter spesialis mata bukan hanya sekadar sebutan namun ada tanggungjawab besar dibalik sebutan itu. Meskipun banyak rintangan, namun profesi dokter merupakan salah satu profesi yang mulia.

Selanjutnya : Mengenal Meja Billiard Merk Shaker
Sebelumnya: Kumpulan soal online SD sebagai Pembelajaran Interaktif
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar