Sebutkan Manfaat Hutan Secara Langsung


Coba Sebutkan manfaat hutan secara langsung! Mungkin ada di antara Anda semua yang pernah mendapatkan pertanyaan manfaat hutan seperti itu. Entah teman atau saudara ada yang bertanya iseng ataukah itu pertanyaan dalam sebuah ujian. Maka tidak perlu khawatir. Karena kali ini akan kita bahas tentang manfaat hutan.

Manfaat Hutan

Macam-macam manfaat hutan sangat banyak. Tidak hanya sebagai tempat hidup binatang dan tumbuhan. Namun manfaat hutan dapat dilihat dari berbagai segi. Seperti manfaat hutan dalam bidang ekonomi, dalam bidang lingkungan serta sebagai hiburan.

Manfaat hutan pada bidang ekonomi ialah sebagai penghasil berbagai macam produk. Pengolahan hutan dengan cara mengambil dan menebang kayu gelondongan yang dihasilkan oleh hutan.

Selanjutnya diolah menjadi berbagai macam bentuk sesuai dengan kebutuhan. Bisa dalam bentuk papan, kayu lapis, bantalan kereta api dan kertas. Selain kayu, hasil hutan yang lain adalah rotan. Bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka furniture. Selain hasil hutan berupa kayu dan rotan, hutan juga mampu menghasilkan latex yang akhirnya dibuat karet.

Keindahan alam hutan mampu menjadikannya hiburan tersendiri. Apalagi dengan adanya binatang langka memberikan keelokan dan pesona. Manfaat hutan ini bisa dilakukan dengan melakukan berbagai kegiatan seperti kemah, berburu maupung hiking. Ketika penat dengan pekerjaan sehari-hari yang terasa menjemukan, tidak ada salahnya untuk mencoba refresh-ing dengan melakukan kegiatan di dalam hutan.

Manfaat lain hutan ialah membantu perbaikan lingkungan hidup. Contohnya dengan adanya hujan akan mampu membantu menahan air. Selain itu ia juga menjadi tempat rembesan air dan mencegah adanya banjir dan longsor.

Manfaat hutan bagi lingkungan ini ialah dengan menyerap air serta menjadikannya sebagai air bersih yang dimunculkan dalam bentuk mata air yang jernih dan bersih. Serta mengalir dalam bentuk danau, sungai maupun berfungsi untuk air sumur.

Tumbuhan hijau di dalam hutan akan mampu membantu perbaikan lapisan atmosfer bumi. Dimana akan menghasilkan oksigen yang penting  bagi kelangsungan makhluk hidup. Ia juga mampu meyerap karbondioksida di udara. Sehingga akan mengurangi dampak pemanasan global. Tanpa adanya hutan, tanaman serta hewan langka akan menjadi punah dan habis.

Demikianlah beberapa manfaat hutan yang semoga bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan bagi Anda. Maka, jika masih ada yang bertanya, Sebutkan Manfaat Hutan Secara Langsung. Akan mudah untuk Anda jawab.

Selanjutnya : Cara Menghilangkan Luka di Hati
Sebelumnya: Membuat Bubur Susu Bayi 6 Bulan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar