Sebutkan Nama-nama Atlet Lompat Jauh di Indonesia Maupun di Dunia


Anda mungkin familiar dengan nama pemain sepak bola, bulu tangkis, atau pebasket dunia. Tapi, coba Anda sebutkan nama-nama atlet lompat jauh di Indonesia maupun di dunia, mungkin Anda akan menjawab tidak tahu. Hal ini wajar bagi orang awam, karena lompat jauh memang kalah populer dibanding olahraga-olahraga lainnya.

Lompat jauh adalah salah satu olahraga atletik yang menggabungkan lari dan lompat serta mengandalkan kecepatan dan kekuatan kaki. Dalam olahraga ini ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh para atlet. Untuk lebih jelasnya, simak uraian singkat di bawah ini:

•  Awalan

Awalan adalah lari dalam kecepatan tinggi untuk mendapatkan lompatan yang sempurna. Cara berlarinya adalah perlahan-lahan di awal dan semakin cepat saat akan melompat.

•  Tolakan

Tolakan adalah perubahan dari lari ke lompat dengan menggunakan kaki terkuat. Saat melakukan tolakan, kaki harus menjejak kuat sehingga lompatan yang dihasilkan juga tinggi dan jauh.

•    Sikap di Udara

Saat melompat, sikap badan di udara juga memengaruhi jarak lompatan. Begitu melakukan tolakan, kaki harus diayun ke depan. Setelah itu kaki agak diturunkan bersamaan dengan pinggul yang agak didorong ke depan. Saat mendarat, kaki kembali diayunkan ke depan dan bungkukkan badan.

•  Pendaratan

Pendaratan dilakukan dengan kedua kaki terlebih dahulu menyentuh pasir.

Nama Atlet Lompat Jauh Indonesia

•  Maria Natalia Londa, atlet peraih medali perak SEA Games 2011 dengan lompatan sejauh 6,47 meter.

•  Asril Abdullah, atlet yang pernah mencatat rekor lompatan sejauh 6,95 meter di Asian Indoor Games 2009.

Nama Atlet Lompat Jauh Dunia

•  Brittney Reese, atlet lompat jauh asal Amerika Serikat yang meraih medali emas di Olimpiade 2012. Lompatannya sejauh 7,12 meter.

•  Elena Sokolova, ia peraih medali perak di Olimpiade 2012 asal Rusia dengan lompatan sejauh 7,07 meter.

•  Janay Deloach, berasal dari Amerika Serikat dan meraih medali perunggu di Olimpiade 2012 dengan lompatan sejauh 6,89 meter.

Dengan beberapa nama di atas, kini Anda tidak perlu bingung lagi saat disuruh sebutkan nama-nama atlet lompat jauh di Indonesia maupun di dunia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Penyakit-penyakit
Sebelumnya: Tips Kurus dan Langsing dengan Murah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar