Secara Umum Kandungan Terbesar dalam Komposisi Tanah adalah Unsur Hara

Secara umum kandungan terbesar dalam komposisi tanah adalah unsur hara yang banyak dibutuhkan oleh tumbuh-tumbuhan. Karena itulah tanaman bisa tumbuh subur di tanah. Namun tingkat kesuburan tanaman pada tanah juga dipengaruhi oleh tingkat kesuburan tanah.

Unsur Hara

Unsur hara tanah dibagi menjadi dua berdasarkan dari jumlah kebutuhan tanaman yakni unsur hara mikro dan makro. Unsur hara mikro pada tanah adalah unsur hara yang sedikit dibutuhkan oleh tanaman. Sebaliknya, unsur hara makro pada tanah adalah unsur hara yang juga dibutuhkan oleh tanaman namun dalam jumlah yang banyak. Unsur hara tanah digolongkan kedalam unsur hara yang esensial.

Beberapa unsur hara yang penting karena dibutuhkan oleh tanaman diantaranya ialah besi, mangan, fosfor, belerang, tembaga, klor, seng dan masih banyak yang lainnya. Unsur hara makro pada komposisi tanah memiliki fungsi yang sangat dibutuhkan oleh tanaman.

Pada nitrogen memiliki fungsi untuk merangsang tumbuh-kembang tanaman secara keseluruhan, mampu merangsang pertumbuhan warna hijau pada daun, mensintesa protein dan asam amino di dalam tanaman. Kekurangan unsur ini dalam tanah pada tanaman bisa menyebabkan terhambatnya pertumbuhan tanaman seperti daun menjadi kekuningan, tumbuhnya lambat, pendek, daun menjadi cepat tua dan menguning bahkan mati.

Unsur komposisi tanah yang lain ialah Fosfat. Fungsi unsur ini adalah sebagai perangsang pembuahan dan proses pembungaan, dapat merangsang biji agar bisa tumbuh. Selain itu juga mampuĀ  menumbuhkan akar dan membantu proses metabolisme tanaman.

Kekurangan komposisi tanah pada unsur fosfat memiliki gejala pada tanaman menjadi kurang sehat. Selain itu, warna daun menjadi kemerahan serta keunguan, pembentukan biji dan buah menjadi lebih sedikit.

Komposisi tanah yang lainnya ialah Kalium. Unsur ini memiliki peranan saat proses fotosintesis. Ia mampu membantu meningkatkan kekebalan terhadap penyakit. Tanaman yang kekurangan unsur tanah ini, ujung-ujung daunnya akan menguning serta kering.

Pucuk daun akan timbul bercak coklat, daunnya pun akan terlihat tidak sehat baik dilihat dari segi warna maupun bentuknya. Batangnya pun menjadi lebih lemas. Secara Umum Kandungan Terbesar Dalam Komposisi Tanah Adalah Unsur Hara yang penting dan banyak dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dan berkembang.

Loading...
Selanjutnya : Mewujudkan Mimpi ke Sungai Nil
Sebelumnya: Cara Chat Kenalan Facebook
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar