Segitiga Bermuda di Indonesia


Pernah mendengar Segitiga Bermuda di Indonesia? Jawabannya bisa iya dan bisa juga tidak. Ternyata di Indonesia juga terdapat segitiga yang mirip dengan segitiga Bermuda yang terdapat di Kepulauan Bahama.

Segitiga Bermuda

Nama segitiga Bermuda ini adalah segitiga Masalembo. Ia terletak di perairan Jawa. Tepatnya berada di antara laut Jawa dan selat Makasar. Ketika segitiga ini dilihat dari atas terdapat kecenderungan pulau Masalembo ke selat Makasar jika dibandingkan dengan laut Jawa.

Melihat letak geografis segitiga Bermuda ini ada sebuah aliran arus air tidak normal. Terjadi benturan dua arus yakni arus dari laut Jawa yang mengalir dari barat menuju ke timur. Selain itu juga terdapat arus dari laut Flores yang mengalir dari timur menuju barat.

Hal ini ditambah dengan arus selat Makasar yang bergerak membelah dari utara menuju selatan. Hal inilah yang membuat arus menjadi tidak stabil di perairan Masalembo.

Benturan di segitiga Masalembo dari ketiga perairan ini sangat kencang, yang ditambah dengan adanya air laut dingin Samudra Pasifik menuju ke Samudra Indonesia. Arus ini mencapai 15 juta meter kubik perdetiknya.

Hampir seluruh arus ini menuju ke selat Makasar. Hal inilah yang menjadi penjelasan ilmiah dari segitiga Bermuda Indonesia yang menjadi segitiga terlarang.

Banyak kasus di segitiga Bermuda yang terjadi dari dulu hingga saat ini. mulai dari tenggelamnya kapal senopati, KM teratai. Ada juga KM Tampomas II yang terbakar dan tenggelam di segitiga terlarang ini. Peristiwa paling terbaru yang sempat menggegerkan negeri ini adalah hilangnya pesawat terbang Adam Air.

Penjelasan mengenai segitiga Masalembo ini seakan menjadi jawaban atas misteri yang terjadi atas beberapa kecelakaan yang terjadi di lokasi ini. Keanehan lain di segitiga Masalembo yang lain ialah berdasarkan kesaksian orang-orang yang selamat dari kecelakaan bahwa banyak dilihat makhluk-makhluk aneh seperti ular laut yang besar dan burung yang besar seperti pterodactyl. Mungkin makhluk yang dilihat tersebut adalah makhluk dari zaman purba yang masih hidup hingga saat ini.

Namun, mungkin saja beberapa hal aneh terjadi tersebut hanya bualan atau halusinasi dari orang-orang yang melihatnya. Tidak hanya segitiga Bermuda di Bahama yang penuh dengan misteri, namun juga segitiga Bermuda di Indonesia juga penuh dengan misteri yang ada di dalamnya.

Selanjutnya : Membedah Fenomena Kumpulan Cerita Rakyat dalam Bahasa Jawa
Sebelumnya: Arti Mimpi Telanjang dalam Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar