Sejarah Alexander Graham Bell Menemukan Telepon

Saat ini kemajuan teknologi semakin maju dan canggih. Salah satu fasilitas komunikasi yang terkenal ialah telepon. Namun tahukah Anda bagaimana Sejarah Alexander Graham Bell Menemukan Telepon?

Alexander Graham Bell

Nama Alexander Graham Bell lebih akrab disapa dengan Bell, lahir di Skotlandia tepatnya di kota Edinburg pada tanggal 3 Maret 1847. Ayahnya berprofesi sebagai psikolog dan elocution yang bernama Alexander Melville Bell. Kakaknya juga seorang elocution professor. Karena itulah keluarganya benar-benar mementingkan masalah pendidikan.

Bell mendalami tentang suara saat mulut berbicara pada tahun 1865. Saat Ia bermukim di London. Ia sempat mempelajari tentang suatu percobaan Herman Ludwig von Helmholtz. Percobaan tersebut berupa magnet dan fort yang dapat menghasilkan bunyi nyaring.

Ketertarikan Bell pada bunyi membuatnya tidak keberatan untuk mengajar di Sarah Fuller pada tahun 1870. Sekolah ini merupakan sekolah khusus bagi orang-orang yang tuli. Selain mengajar disana, ia juga menjadi guru privat.

Saat ia diangkat menjadi guru besar di Boston University pada bidang psikologi pada tahun 1873, ia mengadakan pertemuan khusus untuk para guru yang menangani masalah para murid yang cacat pendengarannya. Itulah pekerjaan Alexander Graham Bell saat itu.

Penelitian Bell  yang menggunakan berbagai alat seperti multiple telegraph, electric apeaking dan photonograph dibiayai oleh ayah dari muridnya yang berjumlah dua orang. Penelitian ini berlangsung dari tahun 1873 hingga 1876.

Salah satu orang yang menjadi penyandang dananya bernama Gardiner Hubbard yang memiliki putri yang mengalami cacat pendengaran bernama Mabel. Dikemudian hari wanita ini menjadi istri Alexander Graham Bell.

Bell bermimpi menciptakan alat komunikasi khusus yang menggunakan transmisi gelombang listrik. Akhirnya ia mengajak temannya yang bernama Thomas Watson untuk menyediakan berbagai perlengkapan.

Penelitian ini berlangsung pada 2 Juni 1875 dengan menggunakan alat pengatur suara dan magnet untuk bisa menghantarkan bunyi yang dikirimkan. Lalu terciptalah pesawat telepon serta pemancar yang memiliki bentuk piringan hitam dan dipasang didepan elektromagnet.

Akhirnya Bell mematenkan hasil temuannya pada tanggal 7 Maret 1876. Sejarah Alexander Graham Bell Menemukan Telepon ini ditandai dengan keberhasilannya mengirimkan suara pada tanggal 10 Maret di tahun 1876.

Loading...
Selanjutnya : Apakah Ultraman Itu Benar Ada di Dunia Nyata?
Sebelumnya: Olahraga yang Menggunakan Kaki
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar