Sejarah Angkor Watt


Setiap orang yang pergi ke Kamboja tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Angkor Watt. Kuil ini memang tampat berbeda dengan kuil yang lainnya. Sejarah Angkor Watt juga menjadi catatan sejarah di wilayah Siem Reap. Candi-candi tersebut dibangun mulai dari abad ke-6 hingga abad ke-13.

Angkor Watt

Bentuk Angkor Watt mirip dengan piramida yang sangat besar. Lokasi Angkor Watt sendiri sangat luas jadi tidak mengherankan jika kuil ini sangat besar. Sepanjang lintasan jalan mengarah pada pintu masuk yang terdapat pada pagar berbentuk ular raksasa.

Diyakini sebagai lambang dari kesuburan. Kuil Angkor Watt terdiri atas sebuah bangunan yang tinggi dengan sejumlah pagar kecil yang ada di sekitarnya. tersusun dalam rangkaian yang terdiri dari tiga lantai serta ada juga lima menara yang berada diatasnya.

Ukiran indah pada Angkor Watt berada di atas batu. Bahkan di dindingnya juga terdapat ukiran yang mitologi Hindu yang dilukiskan. Letak Angkor Watt berada di ibu kota Kamboja tepatnya di Phnom Penh.

Penemuan Angkor Watt terjadi pada tahun 1860 oleh seorang ahli tanaman. Penemu Angkor Watt ini bernama Henri Mahout dari Prancis. Sebelum ditemukan, kuil ini benar-benar tertutup dan terasing dari dunia.

Ia dikelilingi oleh hutan rimba yang lebat menutupi kawasan ini. Ditemukannya kuil ini pun disebabkan oleh adanya cerita bahwa ada sebuah kuil yang telah dibangun oleh desa atau raksasa.

Perdebatan siapa pembangun Angkor Watt pun sempat terjadi. Ada yang mengatakan bahwa Angkor Watt dibangun oleh penjajah pada ribuan tahun yang lalu. namun belakangan diketahui bahwa rakyat Kamboja sendirilah yang membangun kuil tersebut. Hal ini diketahui berdasarkan keterangan para ahli sejarah.

Ankor merupakan ibukota dari Kerajaan khmer. Berdiri pada 880 masehi sampai dengan tahun 1225. Sejarah Angkor Watt ditandai dengan berdirinya sebuah kerajaan yang bernama Funan.

Kerajaan ini dibentuk oleh warga India. Dalam perkembangannya hingga beratus tahun kemudian akhirnya dibangun banyak kuil. Namun kuil yang hingga saat ini terkenal adalah Angkor Watt. Ia juga digunakan sebagai persembahan untuk dewa Hindu dan Wisnu.

Selanjutnya : Mengenal Berbagai Aplikasi Bawaan Nokia C3
Sebelumnya: Bagaimana Cara Membuat Pidato
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar