Sejarah Bahasa Gaul Indonesia

Sejarah bahasa gaul Indonesia dimulai oleh kata-kata yang sering diucapkan oleh para selebritas pada tahun 1970-an. Bahasa gaul itu sering digunakan dalam percakapan di film. Biasanya bahasa tersebut dipengaruhi oleh penggunaan bahasa Betawi atau bahasa anak Jakarta. Orang merasa menjadi cukup gaul ketika bisa meniru penggunaan bahasa ini.

Bahasa ABG Masa Kini

Sejarah bahasa gaul Indonesia ini semakin berkembang. Pada tahun 80-an, bahasa ABG masa itu tetap dipengaruhi oleh kata-kata yang sering dituturkan oleh para selebritas. Walaupun penggunaan bahasa Indonesia yang baik tetap dikampanyekan, dialek kejakarta-jakartaan yang mempengaruhi cara berbicara para selebritas, tetap saja ditiru oleh penggemar mereka.

Memasuki tahun 90-an hingga tahun 2000-an, ada lagi bahasa prokem yang diambil dari bahasa yang sering digunakan oleh para waria. Malah ada kamus bahasa gaul yang disusun oleh Debbie Sahertian. Kata-kata seperti ‘Sutralah’, ‘Akika’, dan lain-lain begitu sering terdengar. Gerakan tangan yang kini disebut dengan kata ‘rempong’ pun ditirukan.

Bahasa Alay

Sekarang sudah sekira dua tahunan bahasa Alay menguasai pasaran bahasa gaul anak muda. Walaupun sudah agak ditinggalkan karena ternyata bahasa Alay ini terlihat terlalu berlebihan, beberapa orang masih menggunakannya. Singkatan yang semakin tidak dimengerti pun terkadang membuat bingung.

Begitu banyak kalimat yang sulit dibaca olah generasi yang lebih tua. Selain itu, anak muda telah mempunyai bahasa gaul yang lebih pas sebagai bahasa lisan.  Inilah bahasa Cadel. Misalnya, kata ‘ciyuz’ yang berasal dari kata ‘serius’. Bahasa satu ini dipopulerkan oleh para selebritas juga. Adanya acara Stand Up Komedi, secara tidak langsung mempengaruhi penggunaan bahasa Cadel ini.

Bahasa gaul ini tidak bisa dihentikan. Pada suatu saat bahasa ini akan berganti sesuai dengan perkembangan gaya bicara anak-anak muda. Penemuan demi penemuan yang berusaha dijadikan sebagai pembuat tren bahasa pun sengaja digali oleh para selebritas. Lihatlah apa yang dilakukan oleh Syahrini. Sang Princess ini mempopulerkan banyak kata yang diikuti oleh banyak orang.

OVJ pun seperti itu. Gaya melawak mereka pun sempat menjadikan para penonton terkena demam gaya bicara mereka. Akhir-akhir ini sejarah bahasa gaul Indonesia hampir saja dikuasai oleh Vickinisasi, suatu gaya bicara seperti mantan tunangan Zaskia Gotik yang begitu unik. Untungnya hal ini ternyata hanya sebagai suatu ‘parodi’ yang tidak lucu sehingga bahasa gaul yang sudah ada tidak tersingkir oleh Vickinisasi.

Loading...
Selanjutnya : Trik-trik Permainan Catur dengan Cepat dan Efektif
Sebelumnya: Sastra Klasik Melayu Bentuk Prosa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar