Sejarah Bahasa Inggris, Karya Sastra dan Sastrawan


Sejarah bahasa Inggris, karya sastra dan sastrawan yang terkenal pada masa pertengahan dimulai kurang lebih pada tahun 1500 tahun yang lalu. Bahasa Inggris adalah bahasa yang banyak digunakan saat ini.

Karya Sastra

Bahasa Inggris berasal dari sebuah bahasa dari Jermanik Barat yang asalnya dari dialek Anglo-Frisia. Ia dibawa oleh para imigran dari Jermanik ke pulau Britania. Awalnya bahasa Inggris Kuno merupakan kumpulan dari dialek yang sangat mencerminkan asal usul dari keragaman kerajaan Anglo-Saxon yang ada di Inggris.

Bahasa Inggris Kuno dipengaruhi oleh adanya dua buah gelombang invansi. Gelombang invasi pertama merupakan invasi dari penutur bahasa dari cabang Skandinavia yang merupakan keluarga dari bahasa Jerman.

Selanjutnya gelombang invasi yang kedua merupakan invasi dari suku Norman di abad ke-11. Dialeknya merupakan dialek dari bahasa Prancis. Inilah yang mengakibatkan bahasa Inggris memiliki campuran hingga pada kadar tertentu.

Pada masa pertengahan  terjadi pada tahun 1150 hingga 1400. Masa ini diawali dengan meninggalnya Edward, sang raja Inggris. Ia merupakan keturunan dari raja Wessex yang bertahta pada tahun 1066. Pada masa kekuasaan Edward tidak banyak kemajuan di bidang sastra.

Pengaruh budaya Prancis pada karya sastra Inggris dimulai sejak Willian “the Concueror” berkuasa. Perkembangan kesusasteraan serta bahasa Inggris banyak dipengaruhi oleh budaya dari Prancis. Karya sastra Inggris pada masa pertengahan disebut dengan Anglo-Norman yang dimulai pada tahun 1066 saat Willian “the Conqueror” berhasil menaklukkan Inggris.

Karya sastra Inggris pada masa pertengahan dibagi menjadi tiga yakni drama, prosa dan puisi. Bahasa Prancis dijadikan sebagai bahasa kaum kelas serta bahasa resmi pemerintahan. Romance merupakan jenis karya sastra yang terkenal.

Ciri-ciri karya sastra Anglo-Norman dan Prancis ialah memiliki nuansa yang cerah, ceria, sederhana dan terang. Sedangkan ciri-ciri pada sastra Inggis Kuno ialah lebih banyak menggunakan bahasa yang rumit dan gaya bahasa yang berat, nuansa yang dipakai pun lebih banyak muram dan sedih. Karya sastra Inggris masa pertengahan dapat dilihat pada karya sastrawan terkenal, Geofrey Chaucer.

Sejarah bahasa Inggris, karya sastra dan sastrawan yang terkenal Pada Masa Pertengahan ini seakan membuka mata kita bahwa kesusateraan Inggris memiliki sejarah yang panjang. Hingga bisa menjadi seperti sekarang ini.

Selanjutnya : Sekilas Profil Pencipta Lagu Home Michael Buble
Sebelumnya: Cara Mengatasi Komputer Lambat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar