Sejarah Berdirinya PT Siemens di Jerman dan Indonesia

Pada tanggal 12 Oktober 1987, pertama kali tertulis tentang sejarah berdirinya PT Siemens, orang utama yang berperan sebagai pendiri adalah Werner Von Siemens. Pada awalnya perusahaan ini beroperasi dibidang pembuatan telegraf dengan menggunakan kode morse. PT Siemens awalnya didaftarkan dengan nama perusahaan Siemens dan Halske (S&E).

Perjalanan PT. Siemens

PT. Siemens berkembang dengan baik dan cepat setelah memperluas cakupan usahanya dengan mengerjakan pula teknologi penerangan jalan dengan menggunakan air. Teknologi tersebut lebih dikenal dengan nama Watermill.

Setelah sukses membuat teknologi Watermill PT. Siemens semakin maju lagi ketika mengembangkan lagi cakupan usahanya meliputi teknologi-teknologi baru,seperti lampu bohlam, kereta elektrik, microfon, radio, TV, dan computer,serta selainnya. Sampai saat ini, PT Siemens merupakan salah satu perusahaan berteknologi tinggi yang terkenal akan produk-produknya di seluruh dunia.

Diawal usahanya, sekitar tahun 1980, Carl Wilhem Siemens merupakan pemimpin utama perusahaan ini dan kemudian membuka cabang di london. Kemudian terus membuka cabang baru di beberapa kota,s eperti St. Petersburg, Rusia, yang langsungdipimpinoleh Carl Heindrich Von Siemens.

Pada tahun 1850 Siemen & Halske yang dipimpin oleh Carl Wilhem Siemens membuka cabang di London dan mendapatkan kontrak kerja membuat jaringan telegraf di Rusia. Kemudian diteruskan membuka cabang lagi di St Petersburg, Rusia, yang dipimpin oleh Carl Heinrich Von Siemens.

Sepuluh tahun setelah berdirinya perusahaan, Warner Von Siemens menyerahkan perusahaan untuk dipimpin oleh anak-anaknya sampai saat ini setelah go public dan sejak 12 maret 2001 telah terdaftar di bursa saham Frankfurt dan di Bursa saham New York merupakan salah satu perusahaan terbesar Jerman dalam bidang teknologi.

PT Siemens sudah masuk ke Indonesia jauh sebelum Indonesia merdeka, lebih tepatnya PT. Siemens masuk ke Indonesia ketika mendapatkan proyek dari kerajaan Belanda sekitar tahun 1883. Pihak kerajaan belanda menghubungi perusahaan PT Siemens untuk pekerjaan mengontruks ijaringan telegraf di wilayah kesultanan Jogjakarta. PT Siemens waktu itu diberi kontrak untuk membuat instalasi sistem untuk penerangan dengan hasil yang bagus dari pihak Kesultanan Jogjakarta.

Berawal dari kerjasama tersebut, sekitar tahun 1891, pihak PT Siemens membuka dan meresmikan pertama kali kantor cabang resmi di Indonesia dengan nama Siemens dan Halske Berlin. Demikian sekilas tentang sejarah berdirinya PT Siemens di Jerman dan Indonesia.

Loading...
Selanjutnya : Beberapa Tahap Facial yang Baik
Sebelumnya: Visi dan Misi Perusahaan Sepeda Motor Honda Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar