Sejarah Berdirinya Taman Safari di Bandung


Ingin mengenalkan dunia hewan kepada anak-anak? Alangkah baiknya jika pembelajaran mengenai fauna ini dilakukan di dalam Taman Safari Indonesia. Sebab, kita tidak hanya mendapatkan pengetahuan mengenai fauna, tetapi juga pengetahuan mengenai sejarah berdirinya Taman Safari di Bandung.

Benarkah Taman Safari Terletak di Bandung?

Benarkah Taman Safari ini terletak di Bandung? Mengapa lebih dikenal dengan Taman Safari di Bandung? Pada kenyataannya, tak ada Taman Safari di Bandung.

Hanya saja, Taman Safari Indonesia ini masih berada dalam satu provinsi yang sama dengan kota Bandung, sehingga banyak yang beranggapan Taman Safari letaknya berdekatan dengan kota Bandung.
Dengan demikian, masyarakat seringkali menyebutnya sebagai Taman Safari Bandung. Padahal sejatinya, letak Taman Safari Indonesia adalah di Desa Cibeureum, Bogor, Jawa Barat.

Taman Safari Indonesia lahir pada tahun 1980-an. Pada awalnya, taman tersebut didesain sebagai tempat satwa yang paling besar di bumi Indonesia. Lahan yang dipilih pun adalah lahan yang sangat luas. Luas dari taman tersebut memanfaatkan 50 hektar padang alami di daerah Bogor.

Satwa yang Terdapat di Taman Safari

Desain yang dipilih untuk taman safari ini adalah perpaduan dari kebun binatang dengan taman bermain alami untuk keluarga. Secara resmi, Taman Safari Indonesia ini dibuka pada tahun 1986. Pada mulanya, koleksi binatang yang dimiliki hanya terbatas, sekitar 100 jenis saja, dengan kuantitas 250-an satwa.
Pada umumnya, satwa yang berada di dalam Taman Safari merupakan satwa yang dilindungi dan langka di Indonesia. Seperti Harimau Sumatera, Beruang Madu, hingga Gajah Sumatera.

Selain itu, terdapat pula satwa mancanegara yang dilindungi dan dibiakkan di dalam Taman Safari. Seperti Anoa, Kanguru, dan lain-lain. Berbagai jenis ikan langka pun dapat kita temukan di dalamnya. Ikan lumba-lumba seringkali ditampilkan pada atraksi menarik yang memikat pengunjung.

Baby Zoo

Di dalam Taman Safari, kita juga bisa menemukan fasilitas Baby Zoo. Yaitu fasilitas untuk berinteraksi lebih dekat dengan satwa. Di tempat inilah pengunjung dapat membelai bayi harimau, bayi beruang, ataupun bayi satwa langka lainnya. Di sana, pengunjung juga bisa bermain dengan satwa langka tersebut.

Selain itu, Taman Safari juga menampilkan berbagai atraksi yang memukau. Misalnya, atraksi harimau yang berlari kemudian meloncat di dalam fire hole. Gajah yang bisa bermain sepeda, ataupun atraksi burung-burung yang bisa disaksikan pada waktu yang telah terjadwal rapi.

Sejarah berdirinya Taman Safari memang menarik untuk disimak lebih jauh. Selain dapat mengenal objek wisata yang alami, juga dapat memperkaya khazanah kita mengenai tanah air.

Selanjutnya : Cara Mudah Memancing Ikan di Kolam
Sebelumnya: Mendapatkan Schedule 21 Depok
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar