Sejarah Candi Prambanan dan Legenda Roro Jonggrang


Candi Prambanan adalah objek wisata sejarah yang berlokasi di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan ini merupakan salah satu candi peninggalan kerajaan Hindu terbesar di Indonesia. Sejarah Candi Prambanan ini tak terlepas dari legenda tentang Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

Kisah Legenda Candi Prambanan

Kisah legenda Candi Prambanan berawal dari Bandung Bondowoso yang menyukai Roro Joggrang, sayangnya Roro Joggrang tidak menyukai Bandung Bondowoso. Akhirnya Roro Joggrang mengajukan syarat yang berat pada Bandung Bondowoso dengan menyuruhnya membangun 1000 candi dan 2 sumur dalam waktu semalam. Hal itu disanggupi oleh Bandung Bondowoso dan mulai membangun apa yang diinginkan Roro Jonggrang dengan bantuan Jin.

Mengetahui Bandung Bondowoso dibantu pasukan Jin dan telah menyelesaikan 999 candi, Roro Joggrang segera membangunkan ayam-ayam agar seolah-olah hari telah pagi dan pasukan Jin milik Bandung Bondowoso pun pergi. Bandung Bondowoso pun marah pada Roro Joggrang karena dianggap curang dan kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu untuk melengkapi 999 candi menjadi 1000 candi. Namun, cerita ini hanyalah sebuah legenda dan jumlah candi di Prambanan sendiri tak sampai 900 buah.

Berdasarkan kajian ilmu sejarah, candi Prambanan ini dibangun pada abad ke-9 pada era Dinasti Sanjaya yang dipimpin oleh raja bernama Rakai Pikatan. Pembangunan Candi Prambanan di masa Raja Rakai Pikatan tidak selesai dan diteruskan oleh Raja Rakai Balitung. Candi Prambanan ini konon sempat ditinggalkan dan ditelantarkan karena letusan Gunung Merapi yang memaksa Kerajaan Mataram Hindu pindah ke Jawa Timur. Sejarah dari Candi Prambanan ini ditemukan oleh C. A. Lons saat mengunjungi pulau Jawa pada tahun 1773 dan menemukan candi ini dalam keadaan tak terawat serta ditumbuhi semak belukar.

Candi Prambanan terdiri dari tiga buah candi besar dengan tinggi hingga 47 meter. Ketiga candi utama Prambanan tersebut adalah Candi Siwa, Candi Wisnu, dan Candi Brahma. Selain ketiga candi utama tersebut, setidaknya terdapat 200-an candi berukuran kecil di Prambanan.

Saat ini Candi Prambanan merupakan salah satu objek wisata sejarah populer saat ini. Sejarah Candi Prambanan sendiri menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk melihat lebih dekat dengan candi yang dibuat oleh Kerajaan Mataram Hindu tersebut. Penasaran? Mari kunjungi Candi Prambanan.

Selanjutnya : Pengertian Gaya Kuasa Titik Tumpu Gaya Beban dalam Fisika
Sebelumnya: Nama Bayi Sansekerta Jawa dan Artinya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar