Sejarah Daihatsu Zebra Espass di Indonesia

Sinopsis    :

Ketika pabrik Dihatsu Motor Co. Ltd resmi didirikan di Indonesia pada tahun 1979, pabrik ini langsung mendapat sambutan hangat oleh pasar otomotif. Produk pertama yang disebut Hijet 55 Wide dengan kapasitas 550 cc mengalami penyempurnaan menjadi 1000 cc. Hingga pada tahun 1986 berubah nama menjadi Daihatsu Zebra. Namun setelah dilakukan perubahan total pada body dan interiornya, nama mobil ini kembali diganti menjadi Daihatsu Espass S92 atau New Zebra.

Isi        :

Bagi penggemar otomotif di Indonesia, pastinya tahu tentang sejarah Daihatsu Zebra Espass. Membicarakan salah satu jenis mobil yang cukup legendaris ini memang sangat menarik, karena segmen mobil ini memang untuk semua kalangan dengan harga yang cukup terjangkau.

Sejarah mobil Daihatsu di Indonesia berawal dari ketika pabrik Daihatsu Motor Co, Ltd resmi didirikan di Indonesia pada tahun 1979. Model pertama dari hasil pabrik ini adalah Hijet 55 Wide, kapasitas mesinnya adalah 550 cc. Kemudian pada tahun 1983, model ini disempurnakan menjadi Daihatsu Hijet 1000 cc.

Pada tahun 1986 nama Daihatsu Hijet diganti namanya dengan Daihatsu Zebra dan pada tahun 1995 dilakukan perubahan total untuk penyempurnaan body dan interior mobil. Hal yang paling mencolok adalah pintu mobil dengan model dorong atau slider ke belakang. Selain itu juga penampilan kabin yang luas dan terkesan modern.

Bisa jadi itulah awal mula legenda Daihatsu Zebra. Produk keluaran pertama tersebut diberi nama Daihatsu Espass S92, namun lebih dikenal dengan sebutan New Zebra. Mesin pada New Zebra ada dua varian yaitu mesin berkapasitas 1.300 cc dan 1.600 cc.

Sambutan pasar otomotif Indonesia yang luar biasa, menjadikan mobil Zebra Espass sangat populer semenjak pertama kali diluncurkan. Antara tahun 1995 sampai 2000, mobil Zebra Espass ini seringkali banyak menghiasi jalan-jalan raya. Harga yang cukup terjangkau oleh masyarakat Indonesia, menjadikan kendaraan model ini primadona baru di dunia otomotif.

Pada tahun 2000 pabrik Daihatsu Motor mengeluarkan model baru dari varian Zebra. Model ini dinamakan Neo Zebra dan Zebra Master. Mesin yang digunakan ada tiga pilihan yaitu type 1.3 carbu, 1.6 carbu dan 1. injection.  Sedangkan Zebra Master adalah model yang lebih disempurnakan dari model Neo Zebra.

Penyempurnaan pada Zebra Master meliputi bagian Snorkel, agar mesin tidak mudah ‘rewel’ ketika melewati genangan air, selain itu mesinnya juga lebih tangguh dan kokoh dengan model EFI-Euro 2 sebagai mesin injeksi performa tinggi dan irit bahan bakar.

Itulah sedikit gambaran tentang sejarah Daihatsu Zebra Espass yang cukup legendaris di tanah air. Sebagai buktinya, hingga kini masih banyak kita temui kendaraan model ini di jalan-jalan raya di tanah air.

Selanjutnya : Sejarah Mega Pro Honda Sang Raja Jalanan
Sebelumnya: Sejarah Bioskop Cineplex 21
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...