Awal Mula Sejarah di Benua Asia


Awal mula sejarah di Benua Asia adalah terbentuknya Benua Asia akibat pergerakan lempeng dunia. Menurut teori pengapungan benua milik Alfred Wegener, benua dahulu adalah satu bernama Pangea.

Sejarah Benua Asia

Akibat pergerakan lempeng, Pangea kemudian terpisah-pisah menjadi 5 benua di akhir periode Cretaceous. Saat itu lempeng Eurasia terpisah menjadi 2 wilayah yaitu Eropa dan Asia.

Saat ini, Benua Asia menjadi benua terbesar dan terpadat di dunia.  Populasinya mencapai hampir 60% penduduk dunia. Luas daratannya mencapai 8,6% luas wilayah permukaan bumi. Terdapat sekitar 50 negara di benua ini. Sebagian besar memiliki kesamaan sejarah sebagai negara yang pernah dijajah kecuali Thailand.

Berdasarkan letaknya, Benua Asia dibagi menjadi Asia Barat Daya, Selatan, Timur, dan Tenggara. Asia Barat Daya terdiri dari 7 region geografik. Tiga di daerah Afrika dan 4 di daerah Asia. Sebagian besar penduduknya adalah Muslim.

Asia Selatan merupakan daerah Asia yang memiliki penduduk yang banyak. Kawasan ini memiliki keanekaragaman bahasa, agama, dan budaya. Sedangkan Asia Timur memiliki ciri khas dengan perekonomiannya yang maju.

Terakhir mengenai Asia Tenggara. Yaitu kawasan Asia yang memiliki SDA cukup besar, keragaman etnis, lingustik, dan dikatakan sebagai tempat asal usul kelahiran kebudayaan besar.

Wilayah di Asia antara satu dan lainnya memiliki kekontrasan. Mulai dari daerah tertinggi yaitu Puncak Gunung Himalaya (Everest) dan daerah terendah yaitu Laut Mati. Ada pula daerah dengan temperatur terendah di Verchoyank (< 700C) dan daerah terpanas di Gurun Arab (500C).

Terdapat pula daerah dengan curah hujan tertinggi yaitu Charapunji sebesar 13.000 mm per tahun. Sebaliknya, terdapat daerah dengan curah hujan terendah di Aden Yaman sebesar 2,2 inchi per tahun. Penduduknya pun ada yang terpusat di China dan India. Sebaliknya, ada daerah dengan penduduk yang jarang yaitu gurun dan pegunungan tinggi di Pusat Asia.

Terdapat beberapa organisasi di Benua Asia seperti ASEAN, OPEC, CAFTA, dan sebagainya. Yang pasti terbentuknya sejarah di Benua Asia disebabkan karena banyak persamaan. Seperti persamaan nasib, sejarah geologi, bentang budaya, penduduk, dan kondisi geografis.

Selanjutnya : Jenis-jenis Kamera Canon dan Keunggulannya
Sebelumnya: Cara Bikin Puding Aneka Rasa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar