Sejarah Islam Masuk Indonesia


Islam merupakan ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Islam disebarkan di Mekkah sekitar tahun 612 M. Disebabkan mengalami hambatan di Mekkah, Rasulullah kemudian berhijrah ke Madinah. Dari Madinah inilah Islam kemudian dapat menyebar ke seluruh penjuru dunia. Bahkan sampai ke Indonesia. Inilah awal proses sejarah Islam masuk Indonesia.

Islam di Indonesia

Terdapat beberapa teori mengenai proses masuknya Islam ke Indonesia. Pertama, mengenai teori Gujarat. Teori ini menyatakan bahwa Islam dibawa oleh pedagang dari Gujarat sekitar abad ke-13.

Kedua, teori Persia yang menyatakan bahwa Islam dibawa oleh pedagang Persia (Iran). Adanya kesamaan budaya Persia dan Indonesia mempermudah masuknya Islam ke Indonesia.

Ketiga, teori Mekkah yang menyebutkan bahwa berdasarkan kabar dari Cina, Islam masuk ke Indonesia langsung dari Mekkah. Hal ini dibuktikan dengan nisan berhuruf Arab milik Fatimah Binti Maemun abad ke-11. Teori ini membantah teori Gujarat yang menyatakan Islam masuk abad ke-13

Berdasarkan hal di atas dapat disimpulkan bahwa Islam masuk ke Indonesia secara damai. Proses masuknya antara lain melalui perdagangan, pernikahan, pendidikan, kesenian, pengiriman para utusan (wali) dari kekhilafahan Islam.

Indonesia merupakan jalur strategis perdagangan dunia. Para pedagang antara lain dari Arab, Persia, Gujarat yang sebagian besar beragama Islam. Para pedagang inilah yang mengenalkan Islam kepada para penduduk. Tidak jarang para pedagang juga mengundang ulama ke Nusantara. Para ulama ini juga memiliki peran strategis dalam penyebaran Islam.

Pernikahan pedagang muslim dan penduduk pribumi turut mempermudah penyebaran Islam. Tidak jarang elit penguasa pribumi juga turut menikahkan putrinya dengan saudagar Muslim.

Islam juga menyebar melalui pendidikan yang dilakukan pesantren, ulama, dan kyai. Maupun para santri yang kembali ke Nusantara. Islam juga menyebar melalui kesenian. Salah satunya wayang dipentaskan oleh Sunan Kalijaga.

Penyebaran Islam di Indonesia juga tidak terlepas dari peranan wali (utusan). Para wali dikirim oleh Khalifah Islam untuk menyebarkan agama ke Nusantara. Demikianlah sejarah Islam masuk Indonesia. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bisa bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Ramalan Jalan Hidup Harus Ditentukan Sendiri
Sebelumnya: Pengertian dan Perbandingan Kamera DSLR dengan SLR
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar