Sejarah Jembatan Kereta Indonesia

Apakah Anda pernah mengetahui sejarah jembatan kereta Indonesia? Adanya kereta api diawali dengan pembangunan jalan kereta api pada tahun 1864 di desa Kemijen, Semarang. Jembatan kereta sendiri ternyata sudah ada sejak dulu dan sudah tak asing lagi bagi masyarakat,  karena kereta api merupakan transportasi yang sudah ada sejak zaman Belanda. Hampir seluruh masyarakat pernah naik kereta yang melintas melalui jembatan kereta dengan medan yang berbeda-beda.

Jembatan kereta api saat ini telah mengalami banyak perubahan dan berkembang sangat pesat mengikuti zaman. Jembatan merupakan sarana penyeberangan dan penghubung diantara dua jalan yang terputus. Jembatan kereta api termasuk salah satu jembatan yang termasuk ke dalam jembatan berdasarkan fungsinya.

Dulu, jembatan kereta tak hanya dibangun di Pulau Jawa, namun juga di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi, Ujung Pandang, Kalimantan, Bali juga Lombok. Dan, saat ini hampir setiap daerah memiliki jembatan kereta api di wilayah masing-masing.

Kereta api sendiri menjadi pilihan transportasi sejak zaman Hindia Belanda. Awalnya untuk mengangkut hasil bumi, hasil perkebunan, namun lama-lama menjadi sarana angkutan penumpang. Saat ini, sesuai dengan perkembangan zaman maka kereta api menjadi salah satu transportasi umum yang digunakan oleh setiap orang.

Dampak positif dengan adanya jembatan kereta Indonesia, yaitu jembatan menjadi sarana penghubung antar wilayah satu dengan lainnya, dengan itu wilayah lain dapat ditempuh dengan cepat dan mudah, karena wilayah di Indonesia sendiri kebanyakan terbentang gunung, sungai, hutan dan lautan. Dan, dengan jembatan kereta maka akan mempermudah jalurnya transportasi.

Manfaat memilih transportasi kereta api sendiri, yaitu kereta api sendiri dianggap sebagai transportasi darat yang sangat akrab dengan masyarakat, karena efisien, menghemat waktu dan biaya, kereta api mampu menghindari kemacetan.

Demikianlah, ulasan menarik mengenai artikel sejarah jembatan kereta Indonesia, semoga memberikan manfaat dan memberikan inspirasi untuk para pembaca. Karena perkembangan teknologi sangatlah berkembang pesat, untuk itu tak ada salahnya untuk terus membaca, karena membaca bisa menjadi ladang informasi.

Loading...
Selanjutnya : Jenis Punglor Kembang dan Ciri Khasnya
Sebelumnya: Analisis Kasus Hukum Laut
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar