Latar Belakang Sejarah Jepang


Mengupas latar belakang sejarah Jepang merupakan kisah yang sangat menarik untuk dibaca, sebab dari situlah kita dapat mengetahui mengapa Jepang dapat tumbuh menjadi negara yang sangat kuat, fasis, dan penuh ambisi.

Beberapa alasan Jepang menyengajakan diri menjadi negara yang terisolasi, restorasi Meiji, hingga keterlibatan Jepang dalam perang dunia II akan dikupas dalam artikel berikut ini.

Siapa yang menyangka, Jepang yang sekarang merupakan salah satu macan Asia yang disegani oleh negara-negara di dunia, dulunya merupakan negara yang mengisolasi diri dari peradaban dan pergaulan dengan negara-negara lain.

Pada zaman dahulu, negara Jepang sangatlah eksklusif dan mengharamkan penduduknya untuk bergaul dengan bangsa-bangsa lain, hanya negara Cina dan Belanda yang boleh bersentuhan dengan bangsa dan negara Jepang karena dianggap menguntungkan Jepang.

Ketangguhan bangsa Jepang saat ini, tidak terlepas dari sejarah nenek moyang bangsa Jepang pada masa lalu. Bangsa Jomon yang hidup sekitar tahun 10.750 SM dipercaya sebagai nenek moyang bangsa Jepang.

Seperti halnya nenek moyang bangsa Indonesia, bangsa Jomon pun hidup secara nomaden, bermata pencaharian sebagai pemburu, dan menggunakan peralatan sederhana dari batu.

Kekaisaran di Jepang dimulai pada abad ke-7 M, yaitu pada masa kekaisaran Nara. Jepang banyak mengadaptasi berbagai kebudayaan dari Cina. Bahkan, sekitar abad ke-9 M, Jepang banyak mengirimkan pemuda-pemudanya ke Cina untuk belajar di sana.

Pada masa kekaisaran Heian, Jepang telah berusaha menciptakan kebudayaan baru yang merupakan ciri khas kebudayaan Jepang, seperti tulisan Kana.

Sayangnya, pada masa kekaisaran Edo, yaitu sekitar abad ke-16, Jepang menerapkan politik isolasi, sehingga Jepang tertutup dengan dunia luar.

Hingga akhirnya, pada masa kekaisaran Meiji, Meiji melakukan restorasi (perubahan) besar-besaran yang disebut dengan restorasi Meiji, sehingga Jepang mampu menyejajarkan diri dengan bangsa-bangsa Eropa dan Amerika.

Sayangnya, akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, Jepang telah menjadi negara fasis yang berambisi untuk menciptakan negara Asia Timur Raya dengan Jepang sebagai pemimpinnya.

Fasismelah yang menyebabkan Jepang terlibat dalam perang dunia II dan menggabungkan diri dengan negara fasis lainnya, seperti Italia dan Jerman.

Selanjutnya : Makalah Kasus Korupsi Pajak
Sebelumnya: Macam-macam Pengolah Data dan Lambangnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar