Sejarah Kasus Kerusuhan Poso


Kerusuhan Poso merupakan kerusuhan yang paling banyak memakan korban dan sangat alot sekali untuk diselesaikan, menyedot perhatian sampai ke seluruh Indonesia. Namun,  apakah Anda pernah mendengar tentang sejarah kasus kerusuhan Poso? Poso sendiri merupakan sebuah kabupaten yang ada di Sulawesi Tengah. Konflik ini berawal dari tahun 1998 dimana pada tahun itu sangat rentan sekali pertikaian.

Penyebab kasus kerusuhan Poso sendiri yang paling mendasar karena konflik sosial yang mendasari suku dan agama, karena juga berbagai hal, diantaranya disinyalir ada konflik yang berbau SARA yang dimulai pertikaian dua pemuda dengan berbeda keyakinan, kemudian disulut berbagai konflik politik lokal yang berkepanjangan hingga kesenjangan sosial yang tidak dapat diatasi, membuat Poso mengalami sekitar 3 kali kerusuhan yang terus berlarut-larut.

Dampak negatif dapat dirasakan dari kasus Poso ini, diantaranya: kehidupan masyarakat Poso menjadi tidak aman, korban berjatuhan dimana-mana, pembakaran rumah ibadah merajalela, pembakaran rumah penduduk asli Poso, kondisi daerah menjadi mencekam.

Sudah banyak korban yang berjatuhan. Trauma juga tak dapat dihindari lagi oleh masyarakat Poso, terutama anak-anak. Berbagai aktifitas terbengkalai. Kondisi itu tentu saja berimbas menurunnya dan tidak stabil pada sektor ekonomi, budaya, sosial politik dan keamanan.

Seharusnya kasus Poso merupakan kasus bersama dan harus ditangani oleh semua kalangan, seluruh masyarakat, pemerintah, mahasiswa, pengusaha, ulama dengan duduk bersama, melepaskan pakaian kebesaran masing-masing juga ego yang hanya mementingkan kepentingan pribadi, untuk bersatu padu dan bekerja sama juga saling berangkulan agar tak ada lagi kerusuhan di Poso.

Melalui kasus ini mendapatkan belajaran berharga, dimana tak ada lagi kenyamanan dalam hidup, dimana tak lagi merasakan perdamaian. Padahal hidup damai jauh lebih berharga dibandingkan harus terus merasakan peperangan, seharusnya kejadian itu menjadi pelajaran, bahwa masalah apapun seharusnya diselesaikan secara duduk bersama bukan angkat senjata yang akan merugikan semua pihak, terutama masyarakat yang tidak tahu apa-apa.

Demikianlah, ulasan sederhana mengenai artikel singkat, sejarah kasus kerusuhan Poso. Semoga memberikan manfaat dan menginspirasi. Karena dengan adanya sejarah mampu menjadikan sebuah pelajaran yang bernilai tinggi dan pastinya setiap orang sangat mendambakan kehidupan yang aman dan nyaman, semoga kedepannya tak ada lagi kasus kerusuhan.

Selanjutnya : Sepenggal Kalimat Novel Kisah Remaja
Sebelumnya: Arti Mimpi Dibenci Banyak Orang karena Hal Sepele
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar