Sejarah Lahirnya ASEAN


ASEAN memang sudah sangat akrab untuk  masyarakat Indonesia, terutama para pelajar yang duduk di bangku sekolah. Hal ini karena ASEAN menjadi bagian pelajaran dari sejarah Indonesia. Tapi apakah Anda pernah mendengar tentang sejarah lahirnya ASEAN? ASEAN sendiri kepanjangan dari Association of Southeast Asian Nations. Yang merupakan perhimpunan bangsa-bangsa di Asia Tenggara.

Perbedaan agama, ras, bahasa, geografi dan budaya tak menghalangi 5 negara yang menjalin kebersamaan untuk membentuk sebuah organisasi, yaitu ASEAN.  ASEAN sendiri sudah berdiri sejak tanggal 08 agustus 1967 di Bangkok dan diprakarsai oleh lima negara awal yaitu Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina, Malaysia.

Inilah daftar negara pendiri dan anggota yang saat ini menjadi bagian dari ASEAN, yaitu : Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, Brunai Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam. Saat itu Indonesia sendiri dihadiri oleh Adam Malik.

ASEAN juga memiliki lambang bunderan warna merah dengan di dalamnya ada 10 ikat tanaman padi yang memiliki arti kemakmuran dan kekayaan dan angka 10 merupakan total dari negara ASEAN. Karena padi merupakan tanaman yang paling penting di Asia Tenggara dan  nasi merupakan makanan pokok penduduk kebanyakan. Bendera Asean sendiri mulai digunakan pada bulan Juli 1997.

ASEAN merupakan perkumpulan negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki visi, misi, identitas dan tujuan yang sama di bawah satu organisasi. Di Indonesia sendiri gedung secretariat Asean terletak di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan. Untuk lebih jelasnya bisa mengunjungi situs www.asean.org untuk mengetahui berbagai informasi dan berita-berita kegiatan terupdate dari negara-negara ASEAN

Adanya ASEAN sendiri, sangat diharapkan untuk meningkatkan kerja sama dan persatuan di seluruh kawasan Asia Tenggara, didalam bidang ekonomi, ilmu pengetahuan, teknologi, administrasi, kemanan, sosial, kebudayaan, komunikasi dan mewujudkan perdamaian juga saling menghormati dan tolong menolong. Dengan begitu negara di kawasan Asia Tenggara akan semakin berkembang, maju, aman, damai dan makmur.

Demikianlah, ulasan menarik mengenai artikel sejarah lahirnya ASEAN. Semoga memberikan manfaat dalam menambah wawasan Anda. Karena mempelajari sejarahnya lahirnya ASEAN akan menciptakan semangat untuk selalu mewujudkan rasa persatuan dan menciptakan perdamaian.

Selanjutnya : Memilih Mesin Jahit yang Bagus
Sebelumnya: Menggunakan Media Komunikasi yang Tersedia dengan Bijak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar