Sejarah Lari Maraton


Lari merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang sering dilombakan. Kebanyakan orang akan berpikir tentang lomba lari maraton jika mereka mendengar akan diadakan lomba lari. Memang, lomba lari maraton adalah salah satu jenis olahraga yang diminati oleh olahragawan.

Apakah Maraton Itu?

Lari maraton juga merupakan lomba lari yang paling populer. Lomba lari ini merupakan perlombaan lari yang memempuh jarak 42,195 km. Salah satu cabang olahraga ini hanya mengandalkan kegesitan kaki dalam berlari di jalan raya. Lari maraton mulai diresmikan pada tahun 1986 pada suatu perlombaan Olimpiade atau yang sering disebut Olympic Games.

Sejarah Maraton

Menurut sejarah lari maraton yang ada, salah satu jenis lari ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Namun, pada kenyataannya tidak ada bukti autentik akan hal ini. Perlombaan lari maraton ini muncul dari ide seseorang yang bernama Michael Breal.

Michael Breal mempunyai gagasan untuk mengadakan lomba lari maraton karena rasa hormatnya kepada Pheidippiddes atau yang lebih populer The Famous Athenian Runner. Pheidippiddes dihormati karena jasanya berlari dari lembah Marathon menuju Acropolis yang terletak di pusat kota Athena.

Ia melakukan ini untuk mengabarkan bahwa pasukan Athena menang dalam sebuah perang melawan pasukan Persia yang berlangsung di lembah Marathon. Pheidippiddes rela berlari dengan sekuat tenaga dalam keadaan yang lelah sehabis bertempur melawan pasukan Persia. Ia bermaksud mengabarkan berita bahagia ini kepada sang raja.

Penghargaan Michael Breal

Oleh karena rasa tanggung jawabnya kepada pemimpin serta rasa haru akan kemenangan yang mereka peroleh, beliau rela melupakan rasa haus, lelah, dan luka pada telapak kaki demi kabar bahagia tersebut. Namun setelah kabar tersebut beliau beritahukan kepada raja, beliau meninggal dunia.

Begitu besar pengorbanan beliau demi tersampaikannya berita bahagia tersebut. Oleh sebab itu, Michael Breal mempunyai gagasan untuk mengadakan perlombaan lari yang diberi nama lari maraton sejauh 42,195 km demi menghormati jasa Pheidippiddes. Begitulah sejarah lari maraton yang dapat kami ulas.

Selanjutnya : Cat Kamar Tidur Romantis dan Elegan
Sebelumnya: Cara Penyimpanan Sayuran Supaya Awet
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar