Mengenal Sejarah Negara Swiss


Jika kita membicarakan tentang sejarah Negara Swiss, tentu hal yang pertama kali terlintas adalah tentang peran Napoleon Boanaparte yang menjadi tokoh terkenal di wilayah Swiss dan sekitarnya. Namun, disamping itu, sejarah mengenai Negara Swiss sendiri sebenarnya telah dimulai dari era sebelum Napoleon Bonaparte mulai menduduki wilayah Swiss.

Jika dirunut dari sejarah-sejarah terdahulu Negara Swiss sebenarnya memiliki beberapa catatan sejarah yang cukup terkenal di dunia. Catatan sejarah Swiss ini dimulai dari Konfederasi Swiss Kuno yang merupakan persekutuan dari komunitas Alpen tengah. Dengan adanya konfederasi ini, wilayah di Swiss khususnya di wilayah Alpen difasilitiasi dengan fasilitas-fasilitas umum dan keamanan jalur perdagangan di wilayah tersebut pun terjamin.

Setelah sekian lama membentuk sebuah sistem yang aman dan juga berjalan dengan lancar, Konfederasi Swiss Kuno pun akhirnya mengalami kemunduran pada tahun 1515. Kemunduran konfederasi Swiss ini diakibatkan kekalahan yang dialami oleh pihak Swiss dalam Pertempuran Marignano.

Dengan kekalahan pihak Konfederasi Swiss ini maka muncullah beberapa perang yang terjadi hingga ratusan tahun lamanya. Akhirnya, pada tahun 1648, Negara Eropa pun mengakui kemerdekaan Swiss dari Kekaisaran Romawi Suci. Kemerdekaan Negara Swiss ini tercantum dalam Perjanjian Westfalen.

Sejarah Negara Swiss pada Masa Napoleon

Setelah bertahun-tahun mampu berdiri sebagai sebuah Negara, pada tahun 1798 Swiss kemudian mengalami keguncangan pada sistem kenegaraannya. Ketika itu, Swiss mendapat serangan yang mengakibatkan peperangan yang cukup merugikan bagi pihak Swiss. Dengan adanya peperangan tersebut, Swiss akhirnya mengalami kekalahan dan perubahan dalam sistem kenegaraannya.

Perubahan ini telah menghapuskan sistem kanton di Swiss dan menghancurkan kebudayaan-kebudayaan yang berlaku selama bertahun-tahun. Hal inilah yang kemudian menyebabkan banyaknya perlawanan yang dilakukan oleh penduduk Swiss dan menyebabkan peperangan pun berlangsung sekian lama.

Pada saat peperangan Swiss terjadi itulah kemudian peran Napoleon pun dirasa sangat membantu. Napoleon dengan kekuasaannya saat itu mengoorganisasikan pertemuan antar politikus Swiss yang saling berperang.

Pertemuan tersebut dilakukan di Paris dengan segala persiapanya dilakukan oleh Napoleon. Dari pertemuan tersebut kedua belah pihak akhirnya menghasilkan kesepakatan yang bernama UU Mediasi.

UU Mediasi tersebut telah banyak memulihkan tradisi kanton dan memulihkan keadaan Negara Swiss. Bahkan, pemulihan Negara Swiss bertambah dengan adanya Kongres Wina pada tahun 1815. Demikianlah pembahasan mengenai sejarah Negara Swiss yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mengenal Jaringan Epitel dalam tubuh
Sebelumnya: Jarak Awal Lompatan Lompat Jauh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar