Sejarah Patologi Klinik Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya

Rumah Sakit Dr. Soetomo telah banyak menorehkan sejarah cemerlang di dalam perkembangannya. Termasuk pula sejarah patologi klinik Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya, yang juga telah banyak membantu pasien dalam melakukan proses pengobatan dan analisa.

Rumah Sakit Dr. Soetomo banyak menjadi perbincangan saat para dokter ahli bedahnya mampu melakukan operasi face off pertama di Indonesia.

Pasien dengan Siti Nurjazila atau dipanggil dengan Lisa merupakan korban kekerasan rumah tangga yang dilakukan oleh suaminya. Wajah cantik Lisa disiram dengan “air keras” hingga melepuh, dan rusak.

Akibatnya Lisa kehilangan’wajahnya.’    Berkat kekompakan tim dokter dari Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya, sedikit demi sedikit Lisa kini memiliki ‘wajah baru.’ Inilah salah satu prestasi paling membanggakan dari rumah sakit ini.

Dahulu, RSUD Dr. Soetomo memiliki nama cukup unik yaitu Central Buggerlijk Ziekenhues (CBZ). Dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda di sebuah desa yang kini cukup banyak dikenal oleh masyarakat yaitu Karangmenjangan pada tanggal 29 Oktober di tahun 1983.

Setelah mengalami beberapa perkembangan dan perombakan di sana-sini, maka pada tahun 1943 pemerintah Jepang yang kebetulan saat itu memang melakukan invasi di Indonesia, juga melanjutkan pembangunan rumah sakit ini. RSUD Dr. Soetomo kemudian difungsikan pula sebagai Rumah Sakit Angkatan Laut.

Desain dari rumah sakit ini sangat kuno dan menarik. Pada setiap sudut tampak pahatan dari desain khas peninggalan Belanda. Arsitektur khas inilah yang membedakan rumah sakit ini dengan beberapa rumah sakit lainnya.

RSUD Dr. Soetomo memiliki misi sebagai rumah sakit rujukan masyarakat sekaligus sebagai rekreasi bagi para para pasien. Pasien tidak hanya disuguhi dengan layanan kesehatan saja, namun bisa melepaskan rasa lelah dan bosan.

Layanan rumah RSUD ini pun rupanya menyeluruh. Misalnya adalah layanan dari Klinik Patologi. Klinik ini tumbuh seiring dengan perkembangan RSUD Dr. Soetomo. Klinik Patologi adalah klinik yang melayani pasien dalam hal analisis hasil medis. Klinik ini sengaja dibuka selama 24 jam.

etiap harinya, Klinik Patologi melakukan analisis dari para pasien. Setiap pasien umumnya melakukan lima hingga sepuluh parameter. Misalnya melakukan tes gula darah, tes kolesterol, tes darah, dan lain-lain.

Diharapkan agar sejarah Patologi Klinik Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya dapat lebih dicermati lagi oleh generasi muda.

Selanjutnya : Tujuan Mempelajari Perilaku Konsumen Bagi Pemasar
Sebelumnya: Perlengkapan Memancing Ikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...