Sejarah Penemuan Mesin Uap


Kita sering mendengar nama James Watt sebagai penemu mesin uap. Tapi tahukah Anda sejarah penemuan mesin uap tersebut? James Watt dalam sejarah dunia dan peradaban dalam bidang teknologi mempunyai sejarah besar dalam penemuan dan pengembangan mesin uap yang menjadi acuan dari adanya revolusi industri pada saat itu.

Penggunaan mesin uap biasanya mesin yang dipergunakan di dalam pompa lokomotif dan kapal laut yang bahan bakarnya menggunakan energi panas di dalam uap air, yang berubah menjadi energi mekanis. Fungsi mesin uap digunakan sebagai mesin pembakaran eksternal dengan menggunakan cairan yang dibuat terpisah dari proses pembakaran.

Tenaga surya, tenaga nuklir, atau tenaga panas bumi merupakan beberapa sumber panas yang bisa dipergunakan sebagai bahan bakar. Kerja mekanik sangat dipengaruhi dari uap yang mengurai melalui piston atau turbin.

Penemuan Mesin Uap

Proses penemuan mesin uap ini dimulai saat James Watt yang pada saat itu masih berusia 18 tahun mulai pergi ke London untuk meneruskan pendidikannya selama satu tahun untuk pembuatan peralatan. Satu tahun kemudian dia kembali ke Skotlandia dengan harapan bisa membuka usaha membuat peralatan tersebut.

Kekurangan James Watt pada saat itu adalah karena dia belum menyelesaikan pendidikannya selama tujuh tahun sebagai murid yang belajar sambil bekerja. Itu membuatnya kesulitan saat mengajukan permohonan untuk membuka usaha tersebut menjadi terhambat. Meskipun pada saat itu seharusnya ia mempunyai peluang besar dalam bisnis tersebut karena di Skotlandia belum ditemukannya pembuat instrument dan peralatan matematika.

Karena kesungguhan dan kerja kerasnya, akhirnya ia mendapatkan peluang untuk membuka bengkel kecil di sebuah perguruan tinggi dan dibantu oleh tiga orang profesor yang ada di Universitas Glasgow. Usaha dan kerja keras James Watt membuahkan hasil, ia mampu membuat desain model mesin uap yang dapat beroperasi dengan baik tepatnya pada tahun 1765.

Penemuan mesin uap ini akhirnya berakibat terjadinya revolusi industri. Atas usaha James Watt dalam penemuan dan pengembangan mesin uap tersebut namanya dijadikan simbol W oleh International System of Units (atau SI).

Itulah sejarah penemuan mesin uap yang pada hari ini kita kenal. Usaha dan kerja keras serta kesungguhan bisa membuahkan hasil yang baik. Begitu pun James Watt, namanya tetap dikenang sampai sekarang sebagai penemu mesin uap.

Selanjutnya : Pelayanan Pelanggan di XL Pondok Bambu
Sebelumnya: Sebuah Kumpulan Puisi tentang Ibu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar