Sejarah Peninggalan Kerajaan Hindu Berupa Prasasti


Hindu adalah salah satu agama yang paling tua di Indonesia. Zaman dahulu ada banyak sekali kerajaan Hindu yang ada di Nusantara. Sekarang ada beberapa peninggalan kerajaan hindu yang bisa ditemukan di beberapa daerah. Anda ingin tahu bagaimana sejarah peninggalan kerajaan hindu di sini? Di bawah ini ada ulasannya.
Kerajaan-kerajaan hindu yang pernah ada di Indonesia adalah Kutai, Mataram, Tarumanegara, Singasari dan Kediri. Semuanya memiliki sejarah masing-masing juga peninggalannya.

Kerajaan Mataram

Kerajaan Mataram ada di Yogyakarta yang memiliki raja pertama bernama Raja Sanna dan penggantinya adalah Raja Sanjaya. Kerajaan Mataram mulai dikenal ketika adanya satu buah prasasti yang ditemukan di Desa Canggal yang ada di sebelah Barat Magelang.

Tulisan di prasasti adalah mengggunakan bahasa Sansekerta. Dari prasasti tersebut Anda bisa belajar sejarah karena prasasti itu bercerita mengenai dibangunnya Lingga Syiwa yang ada di atas bukit. Lingga tersebut dibangun oleh raja kedua mataram, yaitu Raja Sanjaya. Saat itu Raja Sanjaya memiliki wilayah kekuasaan dari Pulau Jawa hingga Bali.

Kerajaan Kutai

Kerajaan ini adalah kerajaan Hindu yang paling tua di Indonesia. Berdiri pada tahun 400 Masehi. Raja pertamanya adalah Raja Kudungga namun yang paling terkenal adalah Raja Mulawarman yang memuja dewa Siwa.

Peninggalan dari kerajaan ini adalah Prasasti Kutai yang dipahat pada sebuah tiang batu bernama Yupa. Prasasti Kutai ditulis dengan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta. Pada prasasti ini tertuliskan cerita mengenai raja Kutai yang paling terkenal, Mulawarman yang baik hati.

Saat dia memerintah, rakyat hidup dengan bajagia dan makmur. Pembuatan prasasti ini bertujuan untuk memperingati hari saat Raja Mulawarman memberikan sapi sebanyak 20.000 kepada Brahmana. Selain itu, peninggalan sejarah dari kerajaan ini adalah berbagai arca yang dibuat dari emas serta perunggu.

Itulah dua dari berbagai peninggalan lain dari Kerajaan Hindu. Sangat beruntunglah kerajaan-kerajaan tersebut meninggalkan peninggalannya karena kita sebagai rakyat Indonesia bisa mengenal sejarah negara sendiri.

Semoga artikel mengenai sejarah peninggalan kerajaan Hindu ini bermanfaat bagi Anda. Tetap hargai dan kenang sejarah Indonesia ya!

Selanjutnya : Memelihara Kelinci Hamil – Perhatikan Kebersihan
Sebelumnya: Teknik Menghasilkan Uang Dari Awsurveys Yang Mudah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar