Sejarah Peradaban Manusia dan Perkembangan Teknologi


Seiring berjalannya waktu, sejarah peradaban manusia dan perkembangan teknologi selalu berkembang. Setiap masa memiliki ciri-ciri dan bentuk perkembangan yang berbeda-beda, tergantung dengan perkembangan ilmu pengetahuan saat itu. Manusia memiliki kodrat tidak bisa hidup sendiri dan sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Peradaban manusia berkembang dan teknologi pun mengikutinya. Ketidakmampuan manusia menyesuaikan diri dengan alam secara alami seperti makhluk hidup yang lainnya, berdampak positif pada munculnya kemampuan manusia menciptakan teknologi sebagai penyokong kehidupan. Tidak hanya itu, penyesuaian diri manusia tidak bisa dilakukan secara individu.

Anak manusia yang baru lahir, mengikuti peradaban ibu dan keluarganya. Begitu juga dengan sarana dan prasaranan yang digunakan di dalam hidupnya. Inilah yang menunjukkan manusia tidak bisa beradaptasi secara langsung tanpa bantuan orang lain atau teknologi. Manusia memiliki anugerah kecerdasan otak untuk mengembangkan teknologi dengan ilmu pengetahuan.

Sebagaimana sejarah peradaban manusia dan perkembangan teknologi memiliki fase. Fase pertama kehidupan manusia pada zaman dahulu dimulai dengan hidup yang masih bergantung pada alam. Manusia terus mengambil kebutuhannya dari alam secara langsung tanpa adanya upaya untuk mengembalikan kepada alam.

Sejarah peradaban manusia pada zaman batu, manusia masih bersifat food gathering atau menggantungkan kehidupan pada alam. Manusia pada zaman ini belum memiliki usaha menanam atau menciptakan sesuatu untuk menunjang kehidupannya agar tidak bergantung pada kondisi alam. Alhasil, manusia pada zaman ini mudah mengalami kepunahan atau kematian.

Fase selanjutnya peradaban manusia memasuki fase teknik konstruktif. Manusia pada zaman ini mulai berinisiatif dan mampu menciptakan alat penunjang kehidupan atau teknologi pada masa itu seperti tembikar untuk memasak, senajata dari bahan logam, berladang dan berternak. Fase ini manusia memiliki lingkungan baru yang mereka ciptakan dan kehidupan keagamaan mulai terbentuk.

Puncak sejarah peradaban manusia dan perkembangan teknologi terkini terjadi pada fase teknik efektif. Pada fase ini tercipta beragam teknik modern, terbangunnya peradaban mesin seiring dengan kebutuhan pemakaian alat bantu kehidupan yang canggih.

Peradaban mesin ditandai dengan kesatuan internasional, simbol yang menyatu secara internasional dan disepakati pula secara internasional.

Segala kemajuan teknologi ini didorong dari perkembangan ilmu pengetahuan. Teknologi dibentuk didorong oleh ilmu yang terus berkembang, berinovasi dan sesuai kebutuhan.

Inilah anugerah dari Tuhan yang luar biasa bagi manusia. Perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan, menjadi suatu hal yang harus dijaga dan dilestarikan secara positif untuk menjaga kelestarian hidup dan keseimbangan alam.

Selanjutnya : Misteri Kehidupan Sesudah Kematian
Sebelumnya: Menelusuri Peradaban Kuno di Sungai Gangga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar