Sekilas Sejarah Perkembangan Hotel di Dunia


Sejarah Perkembangan Hotel di Dunia

Sejarah perkembangan hotel di dunia tidak lepas dari kemunculan hostel pada abad ke 17. Kala itu, hostel disediakan untuk menjamu para tamu yang datang.

Selain itu, kata ‘hostel’ juga bermakna bangunan yang menyediakan tempat menginap dan makanan untuk umum. Awalnya hostel bersifat sosial. Namun seiring berjalannya waktu, hostel mulai dikomersilkan. Hostel generasi awal muncul di Inggris dan Amerika.

Hotel gaya baru yang lebih good looking muncul di New York. Kala itu dibangun City Hotel pada tahun 1793. Semenjak itu mulai berdiri hotel-hotel yang berkonsep modern. Pembangunan juga tidak sembarangan. Pemilik hotel mulai memikirkan tempat yang strategis dan tata ruang yang baik.

Salah satu hotel yang dianggap legendaris adalah Tremont House. Hotel ini berdiri pada 1829 di kota Boston, Amerika Serikat. Pesaing utama hotel ini adalah Astor House yang berdiri tujuh tahun kemudian.

Keduanya merebutkan para tamu seiring dengan pesatnya lalu lintas di kota tersebut. Banyak orang yang memerlukan tempat beristirahat. Dan, persaingan makin menjadi, saat banyak hotel mulai didirikan di setiap stasiun kereta api.

Perkembangan selanjutnya adalah hotel di sekitar stasiun memberikan fasilitas hiburan. Hotel  kala itu dibekali dengan berbagai hiburan untuk melepas stres para tamu hotel.

Kebanyakan pemilik  memberi status hotelnya sebagai hotel transit karena memang hanya untuk beristirahat sejenak bagi tamu yang melewati jalur kereta api.

Seiring pesatnya kemajuan teknologi transportasi, pembangunan hotel tidak terfokus di sekitar stasiun kereta saja. Banyak orang yang mulai membawa mobil atau kendaraan lain untuk perjalanan.

Muncullah kemudian motor hotel alias motel. Hotel ini awalnya difokuskan bagi tamu yang berpergian melewati jalan raya. Hanya saja, rata-rata fasilitasnya pas-pasan.

Di era 1990-an mulai berdiri hotel-hotel dengan gaya yang lebih mewah sampai sekarang, seperti resort dan hotel berbintang.

Perkembangan hotel di dunia makin memuncak saat ini. Bahkan, ada jenis boutiqe hotel hingga hotel apartemen. Namun, di Indonesia sendiri banyak pilihan yang bisa dijangkau oleh banyak kalangan.

Pasalnya, hotel diklasifikasikan menjadi hotel melati, mawar, dan bintang, yang punya standar harga sesuai dengan tebal dompet. Demikian sejarah perkembangan hotel di dunia yang bisa menjadi tambahan pengetahuan dan referensi.

Selanjutnya : Cara Download Alkitab Elektronik untuk Blackberry
Sebelumnya: Jenis-jenis Bakteri Pembuatan Bahan Makanan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar