Sejarah Perkembangan Masuknya Islam ke Indonesia


Indonesia saat ini merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia. Hal yang luar biasa, menandingi negara-negara di Timur Tengah. Ini membuat banyak orang tertarik untuk mengetahui bagaimana sejarah perkembangan masuknya Islam ke Indonesia.

Masuknya Islam ke Indonesia tidak berlangsung secara radikal ataupun revolusioner. Proses masuknya secara perlahan namun konstan, sehingga perkembangan Islam menjadi kian besar dari waktu ke waktu. Ada beberapa teori yang dikemukakan oleh para ahli sejarah mengenai masuknya Islam ke Indonesia sebagai berikut.

Teori Mekah

Teori Mekah ini disampaikan oleh HAMKA, atau yang dikenal dengan Haji Abdul Karim Amrullah. Teori Mekah ini menentang keras Teori Gujarat yang dipakai oleh sarjana dan para filsuf Barat untuk mendefinisikan masuk Islam ke Indonesia. Menurut HAMKA, Islam masuk ke tanah air langsung dari sumbernya yaitu dari Mekah.

Selain itu, HAMKA juga menampik adanya motivasi ekonomi dari kedatangan para pedagang  Arab dan Gujarat di Indonesia. Ajaran Islam yang agung telah memberikan motivasi kepada pemeluknya untuk menyebarkan Islam sebagai rahmat ke seluruh dunia. HAMKA juga menuturkan bahwa perdagangan dengan para pedagang Arab ini telah berlangsung jauh sebelum Masehi. Sehingga ia berkeyakinan bahwa Islam yang ada di Indonesia didapatkan langsung dari Jazirah Arab.

Teori Gujarat

Teori ini merupakan teori yang dikemukakan oleh orientalis Barat Snouck Hougronje. Teori  menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia lewat jalur perdagangan dengan para pedagang dari Gujarat, India. Teori ini banyak dikritik oleh ulama dan para ahli sejarah muslim, karena kesan bias yang ditimbulkannya.

Teori Persia

Teori Persia ini dikemukakan oleh ahli sejarah bernama Hoesein Djajadiningrat. Ia menyatakan bahwa Iran dan Indonesia memiliki hubungan erat dalam hal kebudayaan. Misalnya adalah dengan adanya perayaan Asyuro, dan 10 Muharram. Namun, teori ini dibantah oleh ahli sejarah lainnya karena tidak didasarkan dengan bukti otentik dan terkesan dipaksakan.

Teori China

Teori China ini menyatakan bahwa Islam di Indonesia dibawa oleh para pedagang dari China dan kemudian berinteraksi dengan para penduduk di pesisir. Teori ini dikemukakan oleh Sumanto Al-Qurthuby. Sejarah perkembangan masuknya Islam ke Indonesia memang sangat menarik untuk dikaji dan didalami lebih jauh lagi. Sebagaimana empat teori yang telah dikemukakan oleh para ahli tersebut.

Selanjutnya : Tempat Makan Ketoprak Enak di Jogja
Sebelumnya: Tempat Penjualan Arkavit C di Jakarta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar