Sejarah Perkembangan Musik Daerah Kalimantan


Musik memang sangat mendunia. Musik di Indonesia merupakan suatu warisan budaya yang membuat Indonesia menjadi kaya karena keberagamannya. Salah satunya adalah perkembangan musik di daerah Kalimantan. Berikut adalah ulasan mengenai sejarah perkembangannya. Selamat membaca.

Sejarah perkembangan musik daerah Kalimantan dipengaruhi oleh kebudayaan bangsa lain yang melakukan kegiatan perdagangan melalui pelayaran di Kalimantan maupun yang singgah di Kalimantan. Perkembangan musik daerah Kalimantan juga merupakan upaya penyebaran agama melalui musik.

Fungsi dari musik daerah yaitu sebagai pengiring tari-tarian, iringan pertunjukan, media komunikasi, sarana upacara adat, media permainan, media ekspresi, sarana ekonomi dan sarana penerangan.

Musik daerah Kalimantan pada saat ini banyak dipengaruhi oleh kebudayaan bangsa Arab. Contohnya adanya alat musik panting yang mirip dengan alat musik gambus yang memakai senar. Panting berasal dari Tapin Kalimantan Selatan. Sekarang ini alat musik panting dimainkan bersama alat musik lain seperti gendang, ketipak, tamburin, biola, seruling dan gong.

Musik daerah Kalimantan pesisir mendapat pengaruh dari daerah disekitarnya seperti daerah Banjarmasin dan suku Dayak. Di daerah Banjarmasin saat ini masih ada orkes karawitan khas Banjar. Alat musik yang digunakan berupa gambang, suling, rebab dan gender.

Pertunjukan musik panting disajikan bersama alat musik yang lain.Musik panting yang diiringi dengan tarian disebut japin. Musik panting disajikan dengan lagu bersyair pantun yang berisi petuah, nasehat atau pantun jenaka.

Gamelan Banjar merupakan seni karawitan menggunakan peralatan musik gamelan yang berkembang di suku Banjar Kalimantan Selatan. Gamelan Banjar meniru kebudayaan Jawa yang dibawa oleh Pangeran Suryanata bersama dengan wayang kulit Banjar dan senjata keris sebagai hadiah kerajaan Majapahit.

Musik daerah Kalimantan yang lain yaitu musik kurung-kurung, musik kintung dan musik kuriding. Musik kurung-kurung terbuat dari kayu panjang yang dibawahnya diberi bambu atau peralatan lainnya dan mengeluarkan bunyi jika dihentakkan di tanah. Musik kurung-kurung berasal dari Balangan Kalimantan Selatan.

Musik kintung terbuat dari bambu yang berbentuk seperti angklung. Musik kintung berasal dari Banjar Kalimantan Selatan. Musik kuriding terbuat dari enau atau kayu mirip ulin yang ada di Muara Teweh Barito Utara. Musik kuriding berasal dari Banjar Kalimantan Selatan. Ragam alat musik yang ada di Kalimantan tidak lepas dari sejarah perkembangan musik daerah Kalimantan.

Selanjutnya : Merk Teh Hijau yang Baik untuk Rambut
Sebelumnya: Cerita Wayang Berbahasa Jawa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar