Mengenal Sejarah Perusahaan Cipaganti


Jika kita menengok sejarah perusahaan Cipaganti pada beberapa tahun silam, ternyata perusahaan yang identik dengan bisnis transportasi ini mempunyai segudang pengalaman bisnis pada sektor lain. Bahkan, kerajaan bisnis Cipaganti bukan diawali pada rental mobil, melainkan properti dan rental alat-alat berat.

Selama ini, PT. Cipaganti Cipta Graha terkenal dengan bisnis transportasi umum, seperti travel antarkota, antarprovinsi, rental bus pariwisata, dan mobil pribadi. Unit bisnis transportasi Cipaganti tergolong masih muda, usaha ini dimulai pada tahun 2002.  Berkat pengelolaan bisnis yang dilaksanakan dengan serius, armada kendaraan yang prima, dan pelayanan maksmal, travel Cipaganti berhasil menyalip sejumlah kompetitor yang lebih dulu bermain pada sektor bisnis travel.

Akhirnya, unit bisnis travel Cipaganti berhasil merambah sejumlah daerah di Jawa dan Bali. Selain itu, sejumlah penghargaan pun diraihnya. Brand image Cipaganti pun melesat naik dan mencuri hati pelanggan.

Sejarah Mengenai Perusahaan Cipaganti Unit Alat Berat

Sejarah mengenai perusahaan Cipaganti dimulai pada tahun 1994, di mana terjadi take over aset hotel menjadi Perumahaan Cipaganti Graha. Dari sini, merupakan titik awal bisnis PT. Cipaganti Cipta Graha pada sektor properti.

Sukses pada bisnis properti, pada tahun berikutnya PT. Ciptaganti merambah bisnis rental alat-alat berat, awalnya adalah sewa forklift, kendaraan untuk mengangkut barang-barang berat.  Dari sini pula anak perusahaan sewa alat berat dimulai.

Pada tahun 2004, perusahaan ini membuka cabang baru di ibukota Kalimantan Selatan. Pada masa itu, bonanza batu bara mulai bersinar. Di mana, ramai-ramai investor tambang melirik Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Pada tahun 2005 dan 2006, cabang baru di penyewaan alat berat dibuka di Batu licin, Kabupaten Tanah Bumbu dan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Dua tahun kemudian, PT. Cipaganti meluaskan cabangnya di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sejarah Perusahaan Cipaganti  Unit Transportasi

Sejarah mengenai perusahaan Cipaganti tak berhenti pada unit bisnis penyewaan alat berat saja. Pada sektor bisnis transportasi umum pun, PT. Cipaganti serius menggarap trayek di Jawa.

Pada tahun 2002, Cipaganti memulai bisnis travel antarjemput penumpang dari rumah ke rumah. Travel Cipaganti melayani jurusan Bandung – Jakarta PP. Uniknya, usaha ini dikelola dengan format koperasi yang anggotanya terbuka bagi siapa saja, serta menerapkan sistem sharing profit sesuai dengan aturan koperasi.

Seiring waktu, trayek pun bertambah luas dan merambah kota-kota besar di Jawa.  Usahanya pun tak berhenti pada travel saja, melainkan sewa bus pariwisata, rental mobil pribadi dan sebagainya. Sekarang, PT. Cipaganti Citra Graha, menggarap bisnis taksi di sejumlah kota di Jawa, seperti Semarang, dengan nama Taxi Max.

Pada tahun 2013, PT. Cipaganti Citra Graha berubah menjadi perusahaan publik dan listing di pasar saham Indonesia. Sekian sedikit ulasan tentang sejarah perusahaan Cipaganti, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Buah dan Sayuran yang Baik untuk Wanita Hamil
Sebelumnya: Aplikasi Browser Internet
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar