Sejarah Pramuka Dunia dan Indonesia


Pada zaman dahulu, jika kita sering mengikuti berbagai kegiatan pramuka, tentu kita akan mengetahui tentang sejarah pramuka dunia dan Indonesia. Siapa bapak pandu dunia? Bagaimana pramuka bisa sampai ada di Indonesia? Siapa yang menciptakan hymne pramuka? Artikel berikut akan mengulas tentang pramuka baik di dunia maupun di Indonesia.

Sejarah Kepramukaan Dunia

Perjalanan pramuka di dunia tidak dapat dilepaskan dari peran Robert Boden Powell. Pria yang lahir pada tanggal 22 Pebruari 1857 dengan nama asli Robert Stephenson Smyth dijuluki sebagai bapak pandu dunia karena peranannya dalam mendirikan gerakan pramuka.

Oleh karena hal ini Boden Powell mendapat gelar kehormatan dari kerajaan Inggris seperti anggota masyarakat lainnya yang berprestasi. Dari gelar kehormatan yang disandangnya, nama Robert Powell menjadi Lord Robert Boden Powell of Gilwell.

Pembinaan yang dilakukan Powell kepada remaja Inggris tentang kegiatan kepramukaan tidak terlepas dari masa lalunya yang sejak kecil ditinggal mati ayahnya. Hidup bersama ibu dan saudara-saudarnya, Powell banyak menghabiskan waktu untuk melakukan kegiatan berkemah, berenang, berlayar, dan berbagai kegiatan positif lainnya.

Powell pernah membantu seorang letnan yang bertugas di India dalam mencari kudanya yang hilang di puncak gunung. Selain itu, dia juga pernah mengalahkan raja sebuah kerajaan di Afsel dan mengambil kalung miliknya yang berharga.

Di Afrika, Powell dan kawan-kawannya pernah dikepung di Mafeking Afrika oleh bangsa Boer hingga kekurangan makanan. Peristiwa ini dijalaninya selama 127 hari. Berbagai pengalaman Powell inilah yang membuat seorang pimpinan Boys Bridge di Inggris bernama William Smyth mengajaknya untuk menjadi pelatih di kelompok itu.

Akhirnya pada tahun 1908, Powell melatih acara kepramukaan yang didasarkan pada pengalamannya dilapangan. Semakin hari, kegiatannya semakin meluas, termasuk ketika pada tahun 1912 adiknya yang bernama Agens juga melakukan hal serupa tapi khusus untuk perempuan.

Pramuka di Indonesia

Di Indonesia gerakan Pramuka mulai muncul pada tahun 1923. Proses ini ditandai dengan dibentuknya Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di kota Bandung yang kemudian diikuti dengan pembentukan Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO) di Jakarta.

Kedua lembaga ini adalah cikal bakal dari organisasi pramuka di Indonesia setelah sebelumnya melebur menjadi satu dan berubah nama menjadi Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO). Tanggal 26 Oktober, DPR mengesahkan UU No. 12 Tahun tentang gerakan pramuka dengan lagu pramukanya yang dibuat oleh H.Mutahar.

Demikian sekilas tentang sejarah pramuka dunia dan Indonesia. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Sejarah Senam Pilates di Indonesia
Sebelumnya: Penjelasan Nilai-nilai Budaya Sunda Secara Lengkap
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar