Sejarah Restoran di Dunia


Sejarah restoran sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu sekitar abad ke 16. Kata restoran ditemukan pertama kalo oleh Perancis yang berasal dari kata restaurer atau restore yang berarti pembangkitan tenaga maksudnya adalalah hal yang berhubungan dengan sajian sup yang banyak mengandung kaldu.

Sejarah Restoran

Seiring berjalannya waktu restoran berarti sebagai sebuah tempat kecil yang menyajikan makanan sederhana dengan bahan baku yang didapat dari sekitar tempat restoran. Biasanya resotan tersebut menjadi tempat persinggahan turis yang berada disekitar sana.

Sejak zaman Revolusi Perancis, banyak para pelayan yang ditinggal majikannya justru membuka usaha restoran sendiri. Di Perancis sendiri restoran banyak sekali jenisnya. Jenis-jenis tersebut banyak dipengaruhi oleh gaya hidup Amerika. Restoran yang berkembang disana antara lain cafetaria, restoran cepat saji, rest shop restaurant, sampai restoran kecil yang memiliki bar dan pelayanan cepat.

Pengertian Restoran

Pengertian restoran menurut Marsum (2000) adalah suatu tempat atau bangunan yang diorganisir secara komersil yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua konsumen baik berupa makanan atau minuman. Paris sebagai tempat berawalnya kemunculan restoran memiliki  sejarah restoran pertama di dunia yang bernama A Boulanger.

Restoran ini hanya memiliki menu tunggal yaitu sup. Karena hanya menyediakan satu macam menu maka muncul restoran-restoran lain yang menyediakan berbagai pilihan menu. Selain restoran kemudian muncul cafetaria pertama di dunia yang bernama YWCA dengan konsep lebih sederhana dari restoran.

Cafetaria menjual makanan kecil seperti kue, teh, kopi, dan makanan lainnya yang biasanya sering menjadi teman saat bersantai. Kemudian dengan adanya cafetaria ini muncul variasi-variasi restoran lainnya dengan berbagai macam pilihan menu berbeda setiap restorannya. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Restoran merupakan peluang bisnis yang potensial. Perkembangan zaman saat ini memungkinkan orang untuk mendapatkan pelayanan lebih lengkap untuk mencukupi berbagai kebutuhannya.

Fungsi restoran yang semula merupakan tempat makan dan tempat beristirahan para pelancong yang lelah sekarang pun ikut berkembang. Saat ini keberadaan restoran sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Restoran menjadi tempat nongkrong, pesta, bahkan timbul mindset jika tidak nongkrong di restoran berarti tidak mengikuti perkembangan zaman.

Tidak hanya itu, kini restoran juga menjadi tempat pertemuan atau meeting bahkan tempat pelatihan suatu organisasi tertentu. Sehingga banyak restoran yang menambah fasilitas pendukung dengan adanya meeting room, aula, dan sebagainya. Sejarah restoran yang dulu merupakan tempat makan dan beristirahat kini berkembang menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.

Selanjutnya : Mengungkap Kembali Sejarah Vietnam
Sebelumnya: Hal Indah Tentang Puisi Menurut Sastrawan Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar