Sumber Sejarah Sepak Bola Dunia Lengkap


JSepak bola merupakan olahraga paling digemari dan banyak dilakukan oleh manusia di seluruh dunia. Dalam penulisan sejarah, terutama sejarah sepak bola, data dan fakta adalah hal yang utama. Kumpulan data dan fakta yang dapat dijadikan sumber penulisan sejarah sepak bola dunia lengkap adalah International Federation of Football History & Statistics (IFFHS). IFFHS merupakan organisasi independen yang berdiri sejak tahun 1984 di Jerman. IFFHS melakukan pencatatan segala hal dan detail sepak bola secara kuantitatif.

Sepak Bola

Pengaruh sepak bola tidak sekadar pada bidang olahraga saja, tetapi juga telah bersentuhan dengan ekonomi, politik, dan sosial. Dalam bidang ekonomi, kita dapat melihat klub sepak bola Manchester United yang berhasil mempelopori kapitalisme ekonomi dalam sepak bola.

Pada pertengahan dekade 1980-an, Manchester United adalah klub biasa saja, dengan prestasi biasa saja, dan secara ekonomi hanya ”pas-pasan”. Namun, pada akhir dekade 1990-an dan memasuki tahun 2000-an, Manchester United merupakan klub terkaya di dunia.

Dalam bidang sosial, dan masih terkait dengan ekonomi, kapitalisasi industri sepak bola ternyata tidak terlepas dari masalah perburuhan. Salah satu proses pembuatan bola yang diproduksi oleh Adidas, salah satu produsen peralatan olahraga terkemuka, dilakukan di Bangladesh.

Proses penjahitan bola dilakukan di Bangladesh karena upah pekerja di negara tersebut sangat murah. Malah sebelum direlokasi ke Bangladesh, penjahitan bola dilakukan di pabrik Adidas yang ada di Indonesia.

Dalam dunia industri, pengupahan murah merupakan hal biasa. Namun, hal itu menjadi suatu ironi mengingat harga bola Adidas berpuluh kali lipat dari upah pekerja penjahit bola yang diterima setiap bulan.

Karena bukan hanya berhubungan dengan dunia olahraga, sepak bola dihubungkan pula dengan bidang lain, terutama dalam penulisan sejarah sepak bola dunia lengkap. Data dari IFFHS harus dipadukan dengan data ekonomi, data sosial, dan data politik.

Hal ini justru dapat menjadi penjelasan balik dari data yang dicatat di IFFHS. Misal, mengapa rasio rata-rata jumlah penonton yang datang di stadion dibanding kapasitas stadion pada pertandingan Liga Inggris sedemikian besar?

Hal itu karena  kebijakan dari Football Association (FA, asosiasi sepak bola Inggris) yang menyelenggarakan pertandingan sepak bola pada hari Sabtu, setelah jam kerja pabrik selesai. Sepak bola bukan hanya sebagai hiburan, tetapi menjadi kebijakan sebagai pengurai ketegangan sosial masyarakat industri di Inggris.

Selanjutnya : Konsumsi Tabungan dan Investasi
Sebelumnya: Makanan Sehat untuk Bayi 5 Bulan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar