Sejarah Singkat Tentang Nabi Muhammad Sampai Menjadi Rasul


Semua orang Islam pasti sudah mengetahui mengenai sejarah singkat tentang Nabi Muhammad sampai menjadi Rasul. Di sekolah formal maupun non formal pasti telah diajarkan mengenai hal ini. Tidak ada salahnya dalam bahasan kali ini, kita mengingat kembali sejarah kelahiran beliau hingga di angkat dan diutus menjadi Rasul Allah di Usia 40 tahun.

Sejarah Nabi Muhammad

Kelahiran Nabi Muhammad ditandai dengan munculnya sekelompok tentara bergajah yang di komandoi oleh Raja Abrohah. Mereka merasa iri melihat Kabah dikunjungi banyak orang, itulah yang menjadi alasan mengapa mereka ingin menghancurkan Kabah.

Ketika Raja Abrohah ingin menghancurkan kabah, maka Allah menurunkan burung Ababil dan menyerang pasukan tersebut dengan hujan batu kerikil. Hampir bertepatan dengan saat itu maka lahirlah Nabi Muhammad Saw. Maka dari itu saat Nabi Muhammad lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal, disebuttahun Gajah.

Kehidupan Masa Kanak-Kanak

Sejarah singkat tentang Nabi Muhammad sampai menjadi Rasul dimulai sejak lahir. beliau sudah ditinggalkan ayanhnya yang bernama Abdullah. Ia pun dibesarkan oleh kakeknya Abdul Muthalib dari usia 6 hingga 8 tahun. Kakeknya merupakan salah satu tokoh yang dihormati diantara kaumnya. Sebelum di asuh kakeknya, ia disusui ibunya hanya tiga hari, setelah itu dititipkan kepada Tsuaibah selama tiga hari.

Setelah itu, ketika nabi berumur 4 tahun, iadiasuh oleh Halimah Sadiah. Ada kejadian yang membuat Halimah heran karena nabi di datangi malaikat Jibril, dadanya dibelah dan hatinya dibersihkan. Maka setelah 6 tahun Halimah menyerahkannya kembali pada kakeknya.

Dari umur 8 sampai 13 tahun ia di asuh pamannya Abdul Muthalib. Bersama pamannya tersebut ia belajar dan sering diajak berdagang ke negeri Syam. Karena kejujurannya dalam berdagang dan menyelesaikan berbagai masalah, maka orang-orang disekitarnya menjuluki ia sebagai Al Amin atau orang yang dipercaya.

Masa Remaja

Menginjak Umur 25 tahun ia sudah menjadi pedagang yang sukses dan memperistri Siti Kodijah. Pernikahannya tersebut didasari karena Khodijahlah orang yang pertama memeluk agama Islam dan mempercayai agama yang dibawanya. Dari saat itu ia dan khodijah menyebarkan dan berdakwah tentang Islam.

Beberapa tahun sebelum menjadi Rasul,kebijaksanaannya terlihat ketika pemugaran Kabah dan pemindahan Hajar Aswad. Setelah pertengkaran antar kabilah karena pemindahan tersebut, maka nabi menyelesaikannya dengan damai. Pada usia 40 tahun nabi sering menyendiri di Gua Hira dan saat itu pulalah ia menerima wahyu dan diangkat menjadi rasul.

Kisah rasulullah dari mulai lahir hingga diangkat menjadi rasul semoga mengingatkan kita bagaimana kehidupan Rasulullah yang penuh perjuangan namun tetap membuatnya teguh dan berjuang di jalan Allah Swt.

Itulah  sejarah singkat tentang nabi muhammad sampai menjadi rasul. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Langkah-langkah Mendaftar Wordpress Gratis
Sebelumnya: Membuat Makalah Keanggotaan Koperasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar