Sejarah Taman Safari Cisarua Bogor


Sejarah Taman Safari Cisarua Bogor menambah daya tarik tersendiri bagi wisata di Indonesia.  Taman Safari yang terletak di daerah Cisarua Bogor ini merupakan Taman Safari rintisan atau yang pertama kali ada di Indonesia.  Taman Safari ini merupakan perpaduan wisata alam yang menarik dengan alam bebas, juga hewan-hewan yang berkeliaran bebas dan sejuknya hawa pegunungan.

Mengenal Taman Nasional di Gunung Gede Pangrango

Taman Safari ini menjadi salah satu tempat wisata yang ada di dalam kawasan Gunung Gede Pangrango ini.  Selain menjadi tempat wisata dengan konsep alam bebas, taman ini juga berfungsi sebagai salah satu penyangga Gunung Gede Pangrango ini.

Pegunungan yang satu ini memang sangat tepat untuk dijadikan obyek wisata.  Selain tempatnya mudah dijangkau dari berbagai tempat seperti Jawa Barat dan sekitarnya, Gunung Gede Pangrango ini juga sangat mudah diakses dari Jakarta dan sekitarnya.

Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu kawasan yang dilindungi oleh pemerintah akan kelestariannya.  Gunung ini dijadikan kawasan konservasi, dengan berbagai macam keunikan alamnya.  Gunung Gede Pangrango memiliki kelebihan sebagai hutan konservasi juga termasuk di dalam kawasan hutan hujan di Indonesia.

Sejarah Taman Safari Cisarua Bogor dimulai dari tempat yang dulunya digunakan untuk pertanian dan perkebunan teh. Karena sudah tidak lagi digunakan untuk lahan produksi, kemudian dialih fungsikan menjadi penangkaran hewan di alam bebas oleh pemerintah. Kemudian oleh menteri pariwisata yaitu Soesilo Soedarman tempat ini kemudian dijadikan salah satu obyek wisata alam di Indonesia .

Aneka ragam tanaman dapat kita temui di kawasan ini, seperti tanaman langka kantong semar, maupun spesies tanaman yang belum pernah dipelajari secara ilmiah dapat kita temui disini.  Selain tanaman yang unik, di kawasan taman nasional ini juga memiliki keragaman daya tarik dari hewan yang ada di alam bebas sekitarnya.

Taman Safari Cisarua dan fasilitasnya

Memasuki Taman safari di Cisarua ini kita akan disambut oleh berbagai macam hewan yang berkeliaran bebas di jalanan.  Jangan lupa untuk berhati-hati saat menjalankan kendaraan dan selalu dalam kecepatan rendah.  Selain itu, ada beberapa tempat yang menampilkan pertunjukkan secara langsung, seperti pertunjukkan gajah, harimau, anjing laut dan masih banyak lainnya.

Dengan membeli satu tiket masuk kita dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada di Taman safari ini.  Satu hari pun rasanya tak cukup untuk dihabiskan di sini.  Dari sejarah Taman Safari Cisarua Bogor ini semoga menarik minat untuk segera mengunjungi obyek wisata ini. Liburan ke Taman Safari bersama keluarga pastilah sangat menyenangkan.

Selanjutnya : Pengertian dan Etika Komunikasi dalam Masyarakat Indonesia
Sebelumnya: Tips Belajar Komputer Memandu untuk Pelbagai Kebutuhan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar