Sejarah tentang Burung Garuda dalam Mitologi Hindu


Tahukah anda sejarah tentang burung garuda? Burung yang dipakai sebagai lambang negara Indonesia ini sebenarnya bukanlah burung yang ada di dunia nyata, burung garuda hanya ada dalam mitologi cerita masyarakat Indonesia.

Burung Garuda

Garuda merupakan makhluk mitos dalam kepercayaan Hindu, Budha serta Mesir kuno. Di agama Budha dan Hindu, Garuda menjadi tunggangan dari salah satu Dewa Trimurti, yaitu Dewa Wisnu. Burung Garuda ini digambarkan sebagai makhluk yang mempunyai tubuh separuh burung, separuh manusia dan sayap serta memiliki paruh seperti elang.

Sayapnya berwarna merah, wajahnya berwarna putih, serta tubuhnya berwarna emas. Karena tubuhnya yang gagah dan besar, Garuda disebut sebagai raja burung, keturunan dari Winata dan Kasyapa. Sinar emas dari tubuh Garuda ini sangatlah terang, hingga para Dewa mengiranya Dewa Api dan memujanya.

Garuda mempunyai istri bernama Unnati atau Winayaka, serta mempunyai putra bernama Sempati. Orang tua Garuda memberikan kebebasan padanya untuk memangsa manusia, asalkan bukan dari Brahmana. Suatu hari, ia pernah menelan manusia dari kaum Brahmana, kemudian tenggorokannya terbakar dan akhirnya ia muntahkan kembali.

Garuda diceritakan pernah mencuri Amerta untuk membebaskan ibunya dari sekapan Kadru dan ketika Indra mengetahuinya, ia pun bertempur hebat dengan Garuda. Amerta bisa direbut oleh Indra meskipun ia terluka parah.

Di negara Jepang, Garuda dikenal dengan nama Karura. Makhluk ini awalnya berasal dari Garuda yang asli Indonesia, karena penyebaran Budha dari Indonesia ke Jepang, akhirnya Garuda masuk ke Jepang dengan sebutan Karura.

Karura memang pelafalan Jepang dari bahasa Sansekerta Garuda. Ada beberapa pendapat yang menyebutkan jika burung Garuda sama dengan burung Phoenix, tapi sebenarnya sangatlah berbeda.

Sosok Garuda yang kuat dan gagah inilah yang kemudian digunakan bangsa Indonesia sebagai lambang negara. Lambang Garuda Indonesia dirancang oleh Sultan Hamid II, dengan berbagai pertimbangan tubuh lambang Garuda yang awalnya berupa wujud manusia pun kemudian diganti menjadi tubuh burung seutuhnya dengan berbagai macam penyempurnaan hingga menjadi lambang Garuda seperti sekarang

Demikian sejarah tentang burung Garuda menurut mitologi Hindu hingga kenapa dijadikan lambang negara Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda tentang hewan-hewan mitologi asli dari Indonesia.

Selanjutnya : Tanaman Buah untuk Tanah Berkapur
Sebelumnya: Penyakit pada Sistem Reproduksi Wanitappt
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar